Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 06 Dec 2018  13:46 WIB  1 komentar
Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Nama saya Dany, laki-laki, umur 24 tahun. Saya memiliki gejala telinga sebelah kiri (sebelah kanan normal) seperti kemasukan air dan berdengung saat berada di tempat yang sepi dan saat menjelang tidur. Gejala ini telah saya rasakan sekitar 2 minggu. Bunyinya seperti berdengung pelan tapi konstan. Setiap saya mendengar deru mobil / truk yang menderu sedikit mengganggu telinga kiri saya. Saya sudah pernah memeriksa telinga saya ke dokter spesialis THT. Melalui alat khusus, dokter memeriksa telinga kanan saya terlebih dahulu dan normal-normal saja. Alat tersebut dimasukan ke dalam telinga dan ada kamera di ujungnya, jadi bisa dilihat di monitor. Sama seperti yang kanan, telinga kiri saya juga normal.Tidak ada masalah dengan bagian luar, tengah, dalam, dan gendang telinga. Prediksi dokter mungkin saya mengalami gangguan syaraf yang terhubung dengan telinga saya. Dan saya diberi 2 macam obat, Tebokan 40mg & Methylprednisolone 4mg, dan sudah hampir habis tapi gejalanya masih terasa. Saya tidak bekerja di lingkungan yang dikelilingi suara yang keras atau semacamnya. Juga tidak terlalu sering mendengarkan lagu dan sebagainya dengan earphone / headphone terlalu keras. Sebelumnya saya tidak pernah mengalami masalah dengan pendengaran. Apakah saya perlu memeriksakan dan berkonsultasi lagi telinga saya ke dokter spesialis THT yang lain? Mohon bantuannya. Terima kasih atas perhatiaannya.
Wa'alaikumusalam Warrahmatullahi Wabarakatuh.
 06 Dec 2018  15:34 WIB

Selamat Sore

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Selain telinga berbunyi/berdengung, apakah ada keluhan lain seperti gangguan pendengaran, demam, telinga bengkak, atau lainnya? Keluhan telinga berbunyi/berdenging/ Tinnitus dapat berasal dari kepala atau telinga tanpa keterlibatan sumber eksternal.

Tinnitus adalah suatu gejala dari beberapa penyakit, maka itu harus dicari apa penyebab dari telinga berdenging. Beberapa penyebab dari tinnitus:

  • Kotoran telinga terlalu banyak
  • Paparan lama terhadap suara kencang
  • Perubahan pada tulang telinga bagian tengah
  • Meniere’s Disease
  • Kelainan pada pembuluh darah
  • Trauma pada kepala atau telinga (umumnya tinnitus karena sebab ini hanya terjadi pada satu telinga)
  • Tumor jinak pada saraf kranial (acoustic neuroma; biasanya menyebabkan tinnitus pada satu sisi telinga saja)
  • Stress dan depresi
  • Otosklerosis, menyebabkan kekakuan tulang kecil pada telinga bagian tengah.
  • Konsumsi beberapa jenis obat, seperti antibiotik, aspirin, antidepresan, hingga anti peradangan.
  • dll

 

Pengobatan terhadap tinnitus adalah mencari dan menghilangkan pencetus atau menyembuhkan penyebab. Apabila keluhan belum kunjung membaik, anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis daraf mengingat sebelumnya anda sudah ke dokter THT dan setelah diperiksa bahwa tidak ada masalah dengan telinga anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.