Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 31 Mar 2020  09:18 WIB  1 komentar
dok.. saya biasah mens styp tgl 25 taw kadang 22 pkoknya gak pernh jauh dr akhr bulan.. tp bulan ini sya telat belom mens smpek akhr bulan..sampaii sy test hamil juga negatif.
Sy ibu punya ank 1.. dan sy tdk brhbgn bln ni ma suami..
Kenapa ya dok.. itu bhya tdk ya...??
 31 Mar 2020  09:50 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Siklus haid yang normal adalah 21-35 hari dengan durasi 5-7 hari, dan jumlah perdarahan 20-60 cc/hari.  Siklus menstruasi dapat berbeda pada tiap orang, serta dapat maju maupun mundur. Jika siklus menstruasi anda masih dalam kisaran waktu diatas, maka masih termasuk normal. Keterlambatan menstruasi pada wanita yang aktif melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi paling banyak dikaitkan dengan terjadinya kehamilan. Namun penyebab tidak haid ada banyak sekali, dan belum tentu karena kehamilan, antara lain: 

  • Ketidakseimbangan hormonal
  • Stress psikologis
  • Kelelahan dan aktifitas fisik yang berat
  • sindrom ovarium polikistik
  • Obesitas
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Gangguan kelenjar tiroid, dsb

 

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), anda dapat mencoba mengulang test pack minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Saat ini anda dapat menunggu dulu, namun apabila anda tidak kunjung menstruasi, anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang lainnya seperti USG.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat