Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 26 Mar 2015  00:06 WIB  2 komentar
Bagaimana caranya mengobati kurangnya penglihatan mata akibat penyakit diabetes?
Tags : #Diabetes
 26 Mar 2015  20:37 WIB

Terima kasih bu dokter, kalau
kadar gula normal itu berapa
nilainya?

 26 Mar 2015  09:28 WIB

Selamat pagi, terima kasih atas pertanyaannya.

Gangguan penglihatan akibat diabetes (retinopati diabetikum) terjadi bila kadar gula darah sering berada dalam keadaan yang tidak terkontrol (selalu tinggi). Oleh karena itu, tujuan pengobatan adalah mengontrol diabetes dan tekanan darah tinggi (penderita diabetes biasanya juga mengalami tekanan darah tinggi karena adanya kerusakan pada pembuluh darah perifer). Pengobatan terhadap diabetes dan tekanan darah tinggi biasanya tidak menyebabkan perbaikan kerusakan yang telah terjadi, tetapi akan memperlambat perkembangan retinopati.

Untuk memperlambat pertumbuhan pembuluh darah baru yang abnormal dan mengurangi kebocoran pembuluh darah, biasanya dilakukan fotokoagulasi laser. Jika terjadi perdarahan hebat dari pembuluh darah yang rusak, maka perlu dilakukan vitrektomi (pembedahan untuk membuang darah dari vitreus humor/cairan mata). Setelah vitrektomi, fungsi penglihatan akan menunjukkan perbaikan dan secara bertahap mata akan membentuk vitreus humor yang baru.

Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan seorang dokter spesialis mata untuk mengetahui apa pengobatan yang paling tepat bagi Anda.


Demikian jawaban dari kami, semoga dapat membantu.


Ingin tahu lebih lanjut mengenai retinopati diabetikum, klik di sini