Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 08 Oct 2019  13:27 WIB  1 komentar
Selamat siang dok,saya mau bertanya sekitar seminggu yg lalu sy berhubungan dengan suami,akhir minggu kmrn saya testpeck 2 kali hasilnya negatif,namun beberapa hari ini perut bagian bawah pusar tepatnya rahim terasa suka nyeri tiba2 dok dan hilang tiba2,dan suka keluar keputihan berwarna putih susu dok namun tdk terus menerus dok
 09 Oct 2019  09:50 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Proses pembuahan terjadi ketika sel telur dibuahi oleh sel sperma. Sel sperma sendiri yang dilepaskan saat ejakulasi ketika berhubungan seksual paling cepat mencapai sel telur dalam waktu 45 menit dan pembuahan dapat terjadi 24 jam setelahnya. Sel sperma dapat menetap dalam tuba falopi wanita hingga 7 hari jadi jika dalam 7 hari tersebut wanita mengalami ovulasi maka dapat terjadi proses pembuahan sel telur oleh sel sperma yang bertahan di tuba falopi tersebut. Setelah terjadinya pembuahan, biasanya seorang wanita dikatakan mengalami kehamilan jika hasil test pack menujukkan positif, dimana test pack sendiri bekerja dengan cara mendeteksi hormon hCG dalam urine, dan hormon hCG biasanya akan sangat meningkat kurang lebih 14 hari setelah pembuahan. Apabila hasil testpack positif maka untuk memastikan maka sebaiknya berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung.

 

Perlu Anda ketahui bahwa keputihan bisa saja merupakan bagian normal dari gejala wanita.  Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat terjadi secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan dikatakan normal apabila terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan patologis/tidak normal bila timbul akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

 

Cairan vagina dikatakan normal bila warnanya putih jernih, konsistensi seperti lendir tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Apabila cairan mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan seperti gatal, panas, dll menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi kuman, jamur ataupun parasit.

 

Apabila keputihan anda tidak normal dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam bila tidak segera diobati. Cobalah untuk sering mengganti celana dalam, hindari menggunakan celana ketat dan terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat, hindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri, bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang. Selain itu diperlukan pengobatan dengan antijamur/antibiotik/antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Apabila keputihan anda tergolong keputihan yang abnormal, kami sarankan anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapat diagnosis dan terapi yang optimal. Dengan begitu, dokter dapat melakukan beberapa pemeriksaan, termasuk tes urin atau apus lendir vagina untuk kemudian diperiksa dilaboratorium. Jika diagnosis sudah ditegakkan, barulah penanganan bisa dilakukan tepat sasaran.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.