Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 11 Jul 2018  19:51 WIB  1 komentar
Dok saya mau nanya nenek saya umur 70 tahun sudah menderita asam lambung selama 2 tahun kadang kambuh kadang sembuh tapi bulan lalu di cek di rumah sakit dibilang asam lambungnya sudah parah lalu di cek lagi ke klinik di suruh tes darah dan hasilnya kena Tipes lalu hari ini nenek saya keringat dingin dan muntah lalu dibawa ke UGD dan setelah di cek katanya asam lambung dan kata dokternya takutnya kena penyakit ke jantung.jadi saya bingung yang benar sakitnya yg mana.itu bagaimana ya dok
 12 Jul 2018  09:28 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Kami mengerti kekhawatiran anda. Maag atau dispepsia merupakan suatu proses peradangan yang terjadi pada dinding yang melapisi lambung. Ada 2 macam dispepsia:

-Dispepsia Organik: terjadi kerusakan atau kelainan pada organ pencernaan yang mengakibatkan kerja lambung menjadi tidak normal (misal: tukak lambung, tukak usus). Dispepsia organik ini diketahui melalui pemeriksaan endoskopi

-Dispepsia Fungsional: disebabkan karena kesalahan pola makan (makan tidak teratur dan makan makanan yang memicu timbulnya sakit maag), stress, emosi, dan juga merokok. Jika sebelumnya anda sudah pernah terdiagnosa memiliki penyakit maag, lakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan dalam porsi kecil tapi lebih sering, jangan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak, makanan siap saji dan daging olahan (seperti sosis, chicken nugget, hot dog) , makanan pedas, gorengan, minuman bersoda maupun yang mengandung kafein, tidur dengan bantal yang agak tinggi untuk mencegah naiknya asam lambung ketika sedang berbaring, hindari stres.

 

Kami juga tidak dapat menegakan diagnosis untuk nenek anda, karena untuk mengetahui apakah keluhan berasal dari lambung diperlukan pemeriksaan khusus seperti endoskopi. Demikian juga untuk mengetahui apakah ada gangguan pada jantung, diperlukan pemeriksaan tambahan untuk mengevaluasi keadaan jantung. Kami sarankan anda berdisuksi dengan dokter yang merawat nenek anda sehingga dokter dapat memberikan perawatan dan tatalaksana yang terbaik untuk nenek anda.

 

 Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat