Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 14 Apr 2019  10:46 WIB  1 komentar
Dok, jadi teman saya ada yang terkena luka sobek/terbuka yg lumayan dalam. ada 3 titik luka yg ia dapati di daerah pergelangan tangan.
ia mengeluhkan nyeri yang luar biasa,
untuk obat dan cara penangannya agar rasa nyeri tidak terlalu terasa itu gimana ya dok ?
kejadian terkena benda tajam nya baru kemarin dok, luka nya masih baru.
 15 Apr 2019  17:28 WIB

Selamat Sore

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Untuk setiap kondisi luka, dokter perlu mengevaluasi secara langsung bagaimana kondisi luka, apakah banyak perdarahan/ tidak, apakah luka kotor/ tidak, seberapa dalam dan luas lukanya, apakah benda tajam tersebut berkarat/ tidak, dll.  Luka akibat benda tajam perlu dibersihkan dengan air bersih mengalir; usahakan agar semua benda kotor yang terdapat pada luka tersapu keluar. Jika perdarahan masih terus terjadi, lakukan penekanan pada luka menggunakan kain bersih selama 3-5 menit. Jika luka terlihat dalam/luas/besar/terbuka maka sebaiknya segera temui dokter agar dapat dinilai dan diperiksa apakah membutuhkan jahitan atau tidak. Jika benda tajam yang melukai tersebut berkarat maka sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan suntikan anti tetanus (pada luka yang dalam atau besar).

Secara garis besar apabila luka besar/terbuka dan mengalirkan banyak darah, atau jika luka kotor, atau jika luka dari benda tajam yang berkarat maka sebaiknya segera temui dokter agar dapat dibersihkan, dihentikan perdarahannya dan diberi terapi sesuai kondisi seperti jahit luka, antibiotik, anti nyeri atau anti tetanus jika diperlukan. 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat