Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 20 May 2020  19:13 WIB  1 komentar
Dok setelah melahirkan 1 minggu tiba tiba siangnya payudara saya bengkak dan badan menggigil. Penyebabnya saya pompa terus karena puting saya lecet. Malamnya panas 40°C.
Kemudian shubuh saya juga panas 39.9°C
Pagi pukul 8 turun panas saya 38-37°C. Begitu terus sampai sekarang. Saya ke bidan disuruh urut sendiri payudara saya. Namun berulang lagi jika bangun tidur payudara sudah penuh saya demam kembali
Saya diberi obat paranervoin paracetamol 500ml
 21 May 2020  09:26 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Apa yang anda alami adalah mastitis, yaitu peradangan pada jaringan payudara. Mastitis lebih sering dialami oleh wanita menyusui. Hal ini dikarenakan terjadinya saluran ASI yang terhambat serta adanya infeksi bakteri yang masuk melalui luka di kulit payudara. Gejalanya bisa berupa: demam, payudara nyeri dan bengkak, putting mengeluarkan nanah, dll.

 

Yang dapat anda lakukan meliputi kompres hangat pada payudara, memijat payudara untuk memperlancar pengeluaran ASI namun bila tambah nyeri maka jangan memijat lebih lanjut, tetap mengeluarkan ASI secara rutin/pompa ASI pada payudara yang meradang agar penyembuhannya lebih cepat, minum obat antinyeri dan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri bila diperlukan. Bila keluhan sudah lama berlangsung sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis bedah agar dapat diperiksa secara langsung untuk memastikan penyebabnya, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi dasarnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat