Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 31 Jul 2020  16:56 WIB  1 komentar
Dok, kedua orang tua saya mengalami suatu gangguan pada matanya, mereka bilang jika sering melihat benda-benda hitam yang melayang seperti lalat. Setelah saya cari tahu sepertinya mereka terkena floaters, umur kedua orang tua saya 52 tahun dan 55 tahun. Bolehkah saya mendapatkan rekomendasi berobat untuk mereka dan dimana rumah sakit yang menangani masalah itu? sebab ketika saya search di internet dikatakan bahwa harus melakukan lazer mata, berapa biayanya ya dok?


Terima kasih.
 01 Aug 2020  10:04 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Keluhan munculnya bayangan seperti rambut pada penglihatan kemungkinan disebabkan karena floaters. Bayang-bayang yang ada bisa saja normal atau tanda suatu penyakit. Floaters paling sering disebabkan karena usia tua sehingga cairan dalam bola mata mulai berkurang kekenyalannya. Namun selain karena usia tua, floaters juga bisa menjadi tanda adanya peradangan pada mata bagian dalam, perdarahan dalam mata (misalnya karena trauma, komplikasi diabetes, hipertensi), ablasio retina / retina terlepas dari tempatnya. Biasanya floaters karena hal-hal tersebut disertai dengan keluhan nyeri pada mata, penurunan tajam penglihatan, nyeri kepala, dll.

 

Untuk memastikan penyebab keluhan anda memang kami sarankan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis mata karena diperlukan wawancara, pemeriksaan dengan oftalmoskop, slit lamp, dan tonometri. Anda dapat berkonsultasi ke dokter mata di salah satu rumah sakit yang terdekat dengan tempat tinggal anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat