Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 16 Aug 2014  08:53 WIB  1 komentar
siang dok, kenapa ya kulit kepala saya setelah diberi tonic terasa panas??terus sakit?? lalu bagaimana cara agar rambut cepat tumbuh dan subur?? bagaian tengah kepala saya agak botak saya jadi tidak PD..mohon sangat kasih solusinya???
 18 Aug 2014  09:09 WIB

Saudara yang Terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan yang Anda berikan
Penyebab rambut rontok
Kekurangan Nutrisi
Kekurangan vitamin A dapat membuat rambut anda kering dan mudah rontok. Vitamin B6 berfungsi untuk membantu pertumbuhan rambut, sedangkan vitamin C dapat memperkuat rambut anda. Vitamin E berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah yang menuju ke kepala. Kekurangan berbagai vitamin tersebut dapat mengganggu pertumbuhan rambut dan mengakibatkan rambut mudah rontok. Oleh karena itu, konsumsilah berbagai sayur dan buah-buahan yang kaya dengan berbagai vitamin dan mineral. Bila perlu konsumsilah suplemen multivitamin.
Kehamilan
Tahukah anda bahwa rambut anda memiliki penampilan terbaiknya selama kehamilan? Rambut mempunyai 3 tahap kehidupan, yaitu tumbuh memanjang, berhenti bertumbuh, dan kemudian rontok. Pada saat kehamilan, berbagai perubahan hormonal membuat rambut anda terus bertumbuh memanjang dan tidak rontok.
Stress
Stress seringkali menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah rambut rontok. Beberapa hal yang dapat terjadi pada rambut anda saat anda mengalami stress berat adalah:
Alopesia Areata
Stress mungkin menyebabkan terjadinya alopesia areata (kebotakan). Hal ini disebabkan oleh saat anda stress, sel darah putih dapat menyerang folikel rambut anda, yang dapat membuat rambut berhenti bertumbuh dan kemudian rontok.
Telogen Effluvium
Merupakan suatu keadaan yang di mana sebagian besar rambut berhenti bertumbuh atau beristirahat. Hal ini dapat disebabkan oleh stress baik emosional maupun fisik. Beberapa bulan setelah rambut memasuki fase istirahat ini, maka rambut akan mulai rontok.
Trikotilomania
Trikotilomania merupakan suatu keinginan yang tidak dapat ditahan untuk mencabuti rambut, baik di kepala, alis mata, dan berbagai daerah lainnya. Perilaku ini dapat merupakan suatu reaksi terhadap tekanan yang dialami, seperti saat stress, cemas, tertekan, kesepian, kelelahan, atau saat frustasi. Kerontokan rambut yang terjadi akibat stress dapat teratasi bila anda juga mengatasi stress.
Genetik
Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh faktor genetik. Bila salah satu atau kedua orang tua anda memiliki riwayat rambut rontok, maka anda pun akan mengalaminya.
Penyakit dan Obat-obatan Tertentu
Demam tifoid merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyebabkan rambut rontok. Selain itu, berbagai jenis obat-obatan kemoterapi juga memiliki efek samping berupa rambut rontok. Mengobati penyakit dan penghentian obat dapat membantu mengurangi kerontokan yang terjadi.


Sehingga yang harus Anda lakukan:
Perhatikan nutrisi untuk rambut Anda
Tidak hanya menggunakan perawatan dari luar seperti hair spa atau hair mask namun Anda juga perhatikan nutrisi dari makanan
Perhatikan perawatan rambut Anda
Hindari pemakaian bahan kimia yang terlalu berlebihan dan tindakan yang dapat merusak kesehatan rambut seperti mencat rambut, keriting atau sering menggunakan hair dryer
Gunakan sampo, kondisioner dan hair tonic satu merk
Sebaiknya gunakan dalam satu merk karena ada kesinambungan antara isi bahan didalan paket perawatan tersebut
Olahraga dan istirahat yang cukup
Jangan gunakan air panas saat keramas
Penggunaan hair tonic
Pada dasarnya hair tonic berisi beberapa bahan kimia yang dapat membuat kepala menjadi panas, terutama untuk kepala yang sensitif. Apabila Anda tidak tahan sebaiknya hentikan sementara penggunaan hair tonic tersebut
Atasi stress
Apabila Anda belum mampu mengatasi masalah yang satu ini kemungkinan rambut Anda akan tetap rontok
Obat
Anda dapat mencari produk di Apotik yang mengandung minoxidil dan aturan cara pakai akan tertera karena tergantung pada setiap merk dan jumlah kandungan minoxidil tersebut
Apabila cara diatas masih belum berhasil sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dibantu pemberian obat pengatur hormon yang akan merangsang kembali pembentukan rambut, PRP, transplantasi rambut


Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara alami atasi rambut rontok, klik disini
Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat membantu