Your browser does not support JavaScript!
Dokter & Expert  Menjawab
S
Sasa
Dok,Sy akhir² ini sering skli ketika dlm situasi kumpul sama tmn atau keluarga yg seharusnya sy bahagia, sy malah merasa raga sy disitu tapi fikiran sy kosong dn tiba² pengen nangis. Saya juga merasa tertekan sama lingkungan saya padahal tidak ada yang membuat sy tertekan. Rasanya Sy g mau ketemu org lain sy hanya ingin sendiri dan ketika sy sendiri sy merasa selalu ada sja yg rumit di otak saya utk slalu berfikir yg membuat saya tiba² drop dn nangis tnpa alasan yg jls
Dianapurnamasari, Dr
Dianapurnamasari, Dr

Selamat Malam

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

Sepertinya keluhan anda saat ini mengarah pada gangguan cemas. Kecemasan adalah reaksi normal terhadap stres.  Hal tersebut adalah lumrah ketika seseorang merasakan cemas saat menghadapi sebuah situasi. Namun anda perlu waspada terhadap dampak buruk dari gangguan mental berupa kecemasan berlebihan yaitu rasa takut dan kekhawatiran yang berlebihan dan mengganggu. Dengan berjalannya waktu, gangguan kecemasan dapat bertambah parah bahkan memberi dampak buruk terhadap kehidupan seseorang, misal terganggunya aktivitas sehari-hari, menurunnya kemampuan belajar, dan memperburuk hubungan pribadi seseorang.

Untuk mengurangi rasa cemas, anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Cobalah membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan anda, hingga anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
  • Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau minuman berkarbonasi. Kafein dapat memperburuk gejala gangguan kecemasan.
  • Cobalah tidur tepat waktu 
  • Carilah hobi yang mampu membuat anda melupakan kecemasan
  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol, obat-obatan terlarang, dan merokok karena bisa memperparah gangguan kecemasan yang dialami.

Apabila kecemasan berlebihan tersebut mulai menekan dan sulit dikendalikan, segeralah hubungi dokter atau psikiater jika anda merasa kecemasan sudah terlampau berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari termasuk kerja, sekolah, atau kehidupan sosial anda. Penanganan gangguan kecemasan berlebihan umumnya dapat dilakukan dengan psikoterapi,  pemberian obat, atau gabungan keduanya. Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi masalah ini sebaiknya tidak digunakan di luar pantauan dokter untuk menghindari efek obat yang tidak diinginkan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

Like this post
Share to social media