Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 11 Jul 2018  21:31 WIB  2 komentar
Selamat malam dok. Saya ingin bertanya apabila tidak ada keputihan sebelum mentruasi itu hal yang wajar ? Baru2 ini saya tidak mengalami keputihan dan belum menstruasi. Apa itu pertanda hamil ?? Usia saya baru 18 thun dan belum menikah. Terima kasih
 12 Jul 2018  12:20 WIB
Saya terakhir menstruasi juni tgl 17. Bagaimana dok ?
 12 Jul 2018  09:57 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat terjadi secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan dikatakan normal apabila terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan patologis/tidak normal bila timbul akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. Tidak adanya keputihan menjelang menstruasi tidak berarti anda sedang hamil. Kapankah terakhir anda menstruasi? 

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah terlambat haid, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah sehingga hasil test pack masih dapat negatif. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang.

 

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

1.Tanda-tanda kehamilan tidak pasti dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah: sering berkemih, pembesaran dan nyeri payudara,mual, perasaan lelah,daerah sekitar puting susu menghitam,peningkatan suhu tubuh, flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim, dsb. Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja. Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil.

2.Tanda pasti kehamilan adalah: terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan, terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi, terlihat gambaran janin pada USG atau scanning. Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. 

 

Jika Anda khawatir, Anda dapat melakukan konsultasi lebih lanjut secara langsung dengan dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti USG sehingga anda dapat mendapatkan perawatan yang optimal

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.