Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 27 Nov 2020  05:59 WIB  1 komentar
Saya melakukan KB dengan minum pil KB selama 11 tahun. Apa ada efek sampingnya? Mens tiap bulan lancar walaupun sedikit saja, paling lama 3 hari saja. Apa saya harus ganti KB saya? Apa KB yg cocok buat saya yg tidak mempengaruhi hormon y? Terus saya sangat susah menurunkan berat badan saya dan berat badan saya memang naik drastis 1 tahun belakangan ini ,apa itu adlah pengaruh dari pil KB yg saya minum? Terima kasih.
 28 Nov 2020  07:42 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Sebelumnya anda perlu mengetahui tujuan pemakaian kontrasepsi:

- Menunda kehamilan. Hal ini umumnya pada pasangan muda yang baru menikah namun belum siap untuk memiliki keturunan. Untuk keperluan ini sebaiknya menggunakan jenis kontrasepsi singkat dimana jika kontrasepsi dihentikan maka masa subur cepat kembali, misal pil KB.

- Mengatur jarak kehamilan. Hal ini umumnya untuk pasangan yang telah memiliki keturunan namun ingin memberikan jarak kehamilan, misal dengan KB spiral, KB suntik, susuk.

- Tidak ingin memiliki keturunan lagi, biasanya karena jumlah anak yang sudah cukup, faktor kesehatan, atau usia. Dilakukan dengan menggunakan metode kontrasepsi steril.

 

Beberapa efek samping pil KB antara lain: mual, siklus menstruasi tidak teratur, nyeri kepala, berat badan meningkat, perubahan mood, dll. Bila anda merasa terganggu dengan efek samping pil KB, anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memilih jenis kontrasepsi yang lain misal IUD.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat