Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 06 Sep 2019  16:21 WIB  1 komentar
Saya Joni, S.Pd memiliki hasil pemeriksaan darah yang hasilnya:
GOT = 72
GOT = 152
Gamma GT = 296
Kira2 apa penyebabnya dokter, obat apa yang harus saya konsumsi untuk menormalkan zat yang berlebihan tadi. Saya tidak suka minum alkohol, tidak merokok, tetapi super sibuk. Saat ini saya minum Urdafalk dan Maxiliv
 07 Sep 2019  15:50 WIB

Selamat Sore

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Gamma GT, SGOT/AST, SGPT/ALT merupakan parameter enzimatik yang termasuk dalam panel tes fungsi hati. SGOT/AST, SGPT/ALT dan Gamma GT digunakan untuk menilai fungsi organ hati seseorang. Kenaikan nilai SGOT/SGPT ini masih dianggap kenaikan yang tidak terlalu tinggi apabila masih berkisar 2-3 kali diatas nilai normal. Namun bila kenaikannya 8-10x dari nilai normal merupakan kenaikan SGOT/SGPT yang cukup signifikan. Peningkatan sementara juga dapat terjadi akibat merokok dan jika sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu (misal anti kejang, anti nyeri, anti jamur, anti depresi,dll). Untuk peningkatan nilai lab anda, perlu dilihat seberapa besar peningkatannya, setidaknya diperlukan peningkatan GGT > 2-3 kali lipat nilai normalnya untuk dikatakan bermakna, namun bila peningkatan sedikit (< 2-3 kali nilai normal), apalagi tidak disertai gejala lain ataupun peningkatan parameter lain umumnya tidak bermakna. 

 

Perlu diingat bahwa setiap hasil lab harus disesuaikan dengan kondisi klinis dan pemeriksaan fisik pasien. Kami sarankan anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter yang meminta anda untuk melakukan tes tersebut agar dokter dapat mencocokan antara gejala yang anda alami, pemeriksaan fisik pada anda disertai hasil pemeriksaan lab. Karena mendiagnosis suatu penyakit tidak bisa hanya dengan hasil pemeriksaan lab tapi perlu secara menyeluruh yaitu dengan tanya-jawab langsung dengan pasien, pemeriksaan fisik secara langsung pada pasien dan pemeriksaan penunjang lainnya seperti tes darah, rontgen , dll.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat