Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 13 Jun 2018  11:59 WIB  1 komentar
dok saya mau tanya kalo bayi baru lahir usia 4 hari kadar CRP nya +24 dan +48 itu kenapa ya dok dalam tubuhnya?
 13 Jun 2018  12:59 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

C-reactive protein (CRP) adalah protein yang dihasilkan oleh tubuh, terutama saat terjadi infeksi atau inflamasi. Namun protein ini tidak bersifat spesifik, sehingga tidak dapat diketahui letak organ yang mengalami infeksi atau inflamasi. Inflamasi adalah suatu proses reaksi tubuh terhadap adanya luka atau infeksi (oleh bakteri, virus, atau jamur). Kadar CRP di dalam tubuh akan meningkat dengan cepat, sekitar 6 jam setelah proses inflamasi terjadi. Itulah sebabnya kadar CRP digunakan sebagai indikator terjadinya proses inflamasi di dalam tubuh.

 

Bayi dengan CRP tinggi ketika baru lahir menandakan adanya resiko tinggi mengalami radang tidak spesifik, kemungkinan karena infeksi kuman. Penyebab infeksi bisa bermacam-macam, beberapa tandanya bisa berupa ketuban keruh dan bau atau radang kemerahan pada tali pusar. Namun hasil tes anak anda sebaiknya disertai dengan gejala klinis yang sedang dialami, baru dapat dibuat diagnosis dan terapi yang tepat. Karena pemeriksaan ini tidaklah spesifik sehingga perlu dikombinasikan dengan gejala klnis yang ada serta hasil pemeriksaan darah lainnya.

 

Sebaiknya anda membawa si kecil ke dokter spesialis anak untuk mengetahui penyebab pasti dari kondisi anak anda, beserta hasil laboratorium yang sudah dilakukan. Karena hasil laboratorium hanya bersifat sebagai penunjang sehingga masih diperlukan wawancara dan pemeriksaan fisik yang lebih penting.  

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat