Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 14 Apr 2019  23:32 WIB  1 komentar
Malam dok, pingin tanya, kuku kaki saya pernah luka dalam gitu dok, habis itu darahnya membeku dan membuat kuku kaki saya terpisah dengan kulitnya. Setelah darah keringnya hilang, kuku saya berubah warna menjadi kuning dan mengembung di bagian kukunya. Jadi saya potong aja bagian kuku yg mengembung di tengah itu dok, karna dia menyebar jadi saya potong deh. Dan setelah saya caricari tau, ternyata itu jamur kulit ya dok.. Yg saya tanyakan, kan kuku kaki saya yg terkena jamur itu saya potong, jadi gimana cara pengebotannya nya dok, dan apakah kuku saya bisa kembali utuh seperti semula, atau harus di lakukan operasi ringan? Terima kasih dok
 15 Apr 2019  17:17 WIB

Selamat Sore

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Jamur kuku /onikomikosis merupakan infeksi jamur yang menyerang kuku. Faktor yang menyebabkan terjadinya infeksi jamur pada kuku antara lain: sering bersentuhan dengan air, menderita diabetes, psoriasis, adanya kerusakan pada kuku, dll. Gejala biasanya kuku berubah warna, menebal, muncul titik putih kekuningan di ujung kuku, hancur di bagian ujung, dll. 

 

Sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit untuk memastikan keluhan yang anda alami, dokter akan memastikan apakah memang penyebabnya memang merupakan jamur kuku atau disebabkan oleh kondisi yang lain. Jika memang benar penyebabnya adalah jamur kuku maka dokter akan memberikan terapi obat antijamur, maupun tindakan khusus seperti operasi pencabutan kuku atau terapi laser.

 

Beberapa hal yang dapat anda lakukan sementara di rumah: biasakan kuku agar tetap bersih dan kering, segera keringkan kuku setelah selesai mencuci tangan/ kaki, hindari penggunaan cat kuku/ kuku palsu pada kuku yang sedang bermasalah.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat