Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 15 Jan 2021  13:53 WIB  1 komentar
Halo dok,
Saya tania, umur 34 th, saya haid tgl 12 desember, tgl 31 desember saya dan suami berhubungan badan di masa subur dan menggunakan kondom, tapi kondom terlepas di dalam V saya, besoknya saya minum postinor 2 jeda 29 jam, saya minum postinor 2, 1 butir, 12 jam kemudian saya minum butir ke 2. 1 minggu kemudia saya mual, serta kram perut samping kanan dan kiri, juga berjerawat. Tgl. 12 januari keluar darah cokelat mungkin flek dan tidak selancar haid seperti biasanya. Hari ke 3 haid tgl 15 kok darah makin sedikit. Apakah itu efek postinor 2 atau tanda hamil dok. Mohon dijawab
 16 Jan 2021  09:14 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Postinor adalah salah satu KB darurat yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Postinor tidak ditujukan sebagai suatu metode kontrasepsi jangka panjang. Postinor mengandung hormon progestin dan kandungan lainnya. Postinor efektif mencegah kehamilan sebanyak 80-90 % apabila diminum selama 72 jam pertama pasca berhubungan. Beberapa efek samping Postinor-2: mual, muntah, nyeri perut, diare, sakit kepala, nyeri payudara, dll. Perdarahan dengan ciri seperti haid biasa adalah tanda bahwa penggunaan Levonorgestrel berhasil. Haid memang dapat muncul lebih awal atau lebih lambat daripada jadwal biasanya, juga dapat mengalami flek hingga haid berikutnya. Hal ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan dengan efek hormon dalam obat tersebut. Bila menggunakann postinor sesuai aturan dan meminumnya selama 72 jam setelah berhubungan, maka kemungkinan terjadinya kehamilan akan sangat kecil. Namun apabila dosis yang digunakan kurang maka kemungkinan terjadi kehamilan cukup besar, apalagi bila anda sedang dalam masa subur. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menemui dokter spesialis kandungan terdekat. 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat