Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 18 Aug 2014  11:38 WIB  1 komentar
selamat pagi, istri saya, celana dalamnya sehabis dipakai dan ditarus di tempat pakaian kotor sebelum dicuci, besok paginya dikerumuni semut, apakah istri saya ada gejala kencingmanis atau bukan? riwayat kencing manis ada dari neneknya tetapi tidak turun ke bapak dari istri saya, turunnya ke pamannya, sodara dari bapak istri saya,
 18 Aug 2014  13:50 WIB

Saudara yang Terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan yang Anda berikan


Penyakit kencing manis ada yang bersifat diturunkan dan tidak diturunkan namun berhubungan dengan pola hidup yang sehat seperti sering konsumsi makanan junk food, kurang olahraga, kegemukan/obesitas. Sehingga meski Anda atau istri Anda tidak mempunyai riwayat keturunan kencing manis namun Anda tetap harus waspada
Penyakit kencing manis adalah penyakit yang dapat menjangkit siapa saja, tidak terkait gender. Bisa terkena pada wanita maupun pria. Namun wanita rentan terkena penyakit kencing manis pada saat kehamilan.
Berikut adalah tanda penyakit kencing manis:
Berat badan turun naik
Salah satu penyakit kencing manis adalah perubahan berat badan yang cukup signifikan. Bisa tiba-tiba mengalami penurunana berat badan dikarenakan gangguan yang terjadi pada sistem metabolisme. Ataupun berat badan yang tiba-tiba meningkat untuk seorang yang baru terkena penyakit kencing manis dimana nafsu makan akan meningkat
Rasa haus yang ekstrim
Tanda yang lain adalah rasa haus yang ekstrim. Seorang yang menderita kencing manis akan selalu merasa haus dan harus memuaskan dahaganya. Bahkan ada rasa tidak perlu makan asalkan bisa mendapatkan minuman yang cukup. Apabila Anda merasakan haus secara berlebihan walaupun tidak melakukan aktivitas yang berlebihan ada baiknya Anda.
Sering merasa lelah
Sering merasa lelah adalah gejala awal yang terjadi pada penderita penyakit kencing manis. Kelelahan yang dirasakan sangat mengganggu bahkan tubuh merasa tidak ada energi sama sekali. Kelelahan yang dirasakan membuat Anda tidak akan mampu melakukan pekerjaan fisik untuk jangka waktu yang panjang. Kelelahan juga dapat menyebabkan stres dan ketegangan.
Sering pipis
Dengan buang air kecil, ini adalah cara tubuh untuk membuang racun ataupun bahan-bahan yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh. Namun bila Anda sering buang air kecil meskipun tidak mengkonsumsi air putih terlalu banyak dan dimalam hari Anda sampai terbangun hanya untuk buang air kecil. Ini merupakan hal yang perlu diwaspadai. Sering buang air kecil tidak baik karena menyebabkan situasi yang tidak nyaman dan kehilangan energi. Apabila Anda mengalami hal ini segera konsultasikan dengan dokter Anda.
Penyembuhan luka yang lama
Pada penderita kencing manis proses penyembuhan luka biasanya lebih lama. Jika luka tidak sembuh untuk waktu yang lama, itu bisa menjadi tanda penyakit kencing manis yang tidak boleh diabaikan.
Tanda-tanda diatas merupakan tanda awal yang dialami oleh penderita penyakit kencing manis. Untuk mencegah terjadinya komplikasi yang disebabkan oleh penyakit kencing manis suatu saat nanti. Adanya baiknya Anda konsultasikan masalah tersebut dengan dokter Anda.


Untuk mendiagnosa pasti apakah terkena penyakit kencing manis atau tidak adalah dengan memeriksa ke laboratorium periksa gula darah puasa dan gula darah 2 jam setelah makan atau setelah pemberian air gula
Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat membantu