Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 29 Jul 2014  15:30 WIB  1 komentar
Halo Dok. Nama saya Putri, saya berusia 13 tahun. Saya memiliki luka di wajah saya. Awalnya wajah saya terasa gatal sekali, saya pikir mungkin ini gigitan nyamuk biasa, makanya saya garuk saja. Dihari ke-1, bekas garukan berubah menjadi tanda berwarna merah Dihari ke-2, makin memerah dan teerasa agak sakit Dihari ke-3, saya malah melihat ada nanah di luka tersebut! Dihari ke-4, Luka mulai mengering, dan nanah masih sedikit terlihat Dihari ke-5, Luka menjadi lebih kering, nanah tidak terlihat dari luar. Tapi pasti masih ada di dalam luka tersebut bukan? karena saya tau nanahnya belum keluar-keluar. Tidak hanya itu, selama 5 hari ini saya merasa lukanya makin membesar dan masih merasakan sakit. Pertanyaan Saya : 1) Jika nanahnya tidak dikeluarkan lalu luka sudah mengering, apakah bisa membahayakan Dok? 2) Bagaimana cara menyembuhkan luka saya ini dok? 3) Apakah ada cara tradisional untuk menyembuhkannya? [Oh ya, saya juga sedang mengalami penyakit cacar air (sudah 4 hari) Di hari pertama saya cacar saya mengira awalnya luka saya itu adalah cacar yang gatal dan saya garuk. Berarti luka cacar saya itu terinfeksi ya dok?] Sampai disitu dulu Terima Kasih :)
 05 Aug 2014  12:48 WIB

Selamat siang, terima kasih atas pertanyaannya.

Cacar air memang umumnya menimbulkan rasa gatal. Garukan memang dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada kulit.

Sebenarnya nanah dapat diserap kembali oleh tubuh asalkan jumlahnya tidak terlalu banyak. Hal ini banyak ditemukan pada jerawat yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu memecahkan dan mengeluarkan nanah di dalamnya. Oleh karena itu, nanah yang tidak dikeluarkan biasanya tidak berbahaya bila jumlahnya tidak banyak.

Untuk membantu mengatasi infeksi pada kulit, Anda dapat mengoleskan salep antibiotika secara teratur setiap harinya setelah mandi, dua kali sehari. Dianjurkan agar Anda tidak menggaruk daerah kulit yang terasa gatal. Menaburkan bedak dapat membantu mengurangi rasa gatal yang Anda rasakan.