Your browser does not support JavaScript!
Tri Wahyuni
Tri Wahyuni
 10 Aug 2018  15:31 WIB  1 komentar
Siang dok,,, saya mau tanya, beberapa tahun ini berat badan saya baik turun,,, beberapa bulan yg lalu berat badan saya 48kg trus turun jadi 47 turun lagi naik lagi gak stabil,,, sekarang berat badan saya 47kg, padahal saya makan nya banyak tapi tetap di 47kg ,,itu bagai mana ya dok
 10 Aug 2018  17:23 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Beberapa faktor yang mempengaruhi berat badan antara lain:

1. Kegiatan Fisik 

Olahraga atau pekerjaan berat dapat mempengaruhi berat badan karna banyaknya kalori yang dibakar saat melakukan kegiatan fisik tersebut

2. Faktor Keturunan/ Genetik

Jika orang tua dan keluarga anda mayoritas berpostur kurus, kemungkinan anda memiliki faktor keturunan berbadan kurus. Beberapa orang sejak lahir memiliki matabolisme lebih tinggi dari biasanya sehingga hal itulah yang menyebabkan seseorang berbadan kurus. Bagaimanakah postur tubuh anggota keluarga anda pada umumnya?

3. Kondisi Medis Tertentu

Adanya gangguan pada kelenjar tiroid, gangguan pencernaan, diabetes, hingga kanker dapat mengakibatkan badan kurus. Diet yang terlalu ekstrim juga bisa menjadi penyebab badan kurus

4. Obat-obatan tertentu

Ada jenis obat-obatan tertentu yang bisa menyebabkan mual dan penurunan berat badan.

5. Masalah psikologis

Stres, depresi dan masalah emosional bisa mempengaruhi kebiasaan dan nafsu makan seseorang

 

Beberapa hal yang bisa dicoba untuk menjaga berat badan anda:

  • Atur porsi makan anda dengan gizi seimbang yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.
  • Jangan lupa memilih makanan yang bernutrisi, seperti roti, nasi, umbi-umbian, daging, ikan, atau telur yang berprotein tinggi, juga nasi merah yang berkarbohidrat tinggi. 
  • Olahragalah secara teratur dapat memicu rasa lapar, meningkatkan metabolisme dan nafsu makan, dan meningkatkan berat badan dengan sehat. Disarankan memilih olahraga yang membangun kekuatan dan massa otot seperti yoga karena dapat membangun otot-otot dan membantu kenaikan berat badan.
  • Istirahat yang cukup agar energi tidak banyak terbuang percuma
  • Anda sebaiknya minum 6 - 8 gelas air per hari. Hindari untuk minum sebelum makan yang dapat menimbulkan rasa kenyang.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa berkonsultasi pada dokter dan ahli gizi mengenai kondisi anda sehingga anda dapat memiliki asupan nutrisi yang tepat dan berimbang.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat