Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Marina Nirva
Marina Nirva
 19 Jan 2021  13:40 WIB  1 komentar
Halo dok, Saya Marina. Saya ingin bertanya. 2 hari yg lalu saya sedang tertimpa masalah dan masalah tersebut sering saya alami. Tapi saya merasa ada yg aneh dari diri saya. 2 hari yg lalu disaat ada percekcokan&masalah saya menangis dok. Tetapi tanpa saya sadari saya menyeringai dan juga saya tertawa lebar sambil menangis sedih. Air mata tidak berhenti dan tertawa sayapun tidak berhenti dalam bermenit². Itu kenapa ya dok, biasanya jika ada masalah saya tidak pernah seperti itu. Saya sedikit takut dok karena saya tidak tahu saya kenapa seperti ini. Terimakasih dok.
 20 Jan 2021  08:36 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Tertawa dan menangis karena alasan atau penyebab yang jelas dan pada tempatnya adalah hal yang wajar. Seseorang dapat menunjukkan emosi tersebut karena adanya suatu gangguan dalam suasana hati (mood), kepribadian, atau persepsi terhadap apa yang nyata dan tidak nyata, misalnya tertawa karena halusinasi, ilusi (salah persepsi terhadap benda yang nyata), menangis karena depresi, dsb.  Yang penting sebaiknya anda mengevaluasi kembali alasan anda tertawa dan menangis saat itu. Apabila memang memiliki alasan yang jelas dan anda secara sadar penuh melakukannya sebagai ekspresi terhadap hal-hal yang nyata terjadi (misalnya menonton film, sedih, kedukaan), maka pengalaman itu masih dapat dikatakan wajar. Tetapi jika anda merasa terganggu, sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan psikiater.

 

Cara untuk mengurangi stress pada setiap orang berbeda-beda. Hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress diantaranya:

1.     Ceritakan masalah yang sedang anda alami kepada orang yang dipercaya, agar kita bisa mendapatkan bantuan dalam memecahkan masalah tersebut, juga bisa membuat perasaan kita lebih baik dan tenang.

2.     Melakukan hobi yang disukai

3.      Beristirahat

4.     Mendekatkan diri pada agama

5.     Selalu berpikir positif

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat