Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 17 Aug 2014  13:17 WIB  1 komentar
Dok. Saya mau tanya. Saya mau menurunkan berat badan. Setiap pagi saya marathon, makab di kurangi. Tidak makan malam. Tapi kenapa berat badan saya tidak turun? Malah muka saya tambah lebar dan perut saya buncit. Kenapa ya dok? Apa solusinya?
 18 Aug 2014  09:48 WIB

Saudara yang Terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan yang Anda berikan
Anda sudah berolahraga namun masih belum turun berat badan mungkin disebabkan oleh hal-hal ini
Tidak Cukup Berusaha
Lakukanlah olahraga lainnya yang berbeda dari rutinitas olahraga Anda. Selain itu, Anda juga
dapat menambahkan intensitas atau lama olahraga sehingga tubuh Anda pun harus berusaha
kembali dan membakar lebih banyak kalori.
Tidak Teratur Berolahraga
Tidak berolahraga secara teratur dapat membuat usaha Anda menjadi sia-sia karena tubuh Anda
tidak cukup tertantang untuk berusaha lebih keras dan membakar lebih banyak kalori. Jika Anda
tidak mempunyai banyak waktu untuk berolahraga karena berbagai kesibukan Anda, Anda dapat
menyisihkan setidaknya 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Berjalan kaki pun dapat
menjadi salah satu pilihan olahraga bila Anda tidak dapat pergi ke gym atau melakukan olahraga
lainnya karena terlalu sibuk.
Terlalu Banyak Melakukan Aerobik
Terlalu banyak melakukan olahraga aerobik justru dapat membuat usaha Anda untuk
menurunkan berat badan menjadi sia-sia. Bila Anda terlalu lama berolahraga aerobik, maka
tubuh Anda akan melepaskan hormon stress yaitu kortisol.
Hal ini dapat membuat tubuh Anda merasa stress. Rasa stress ini biasanya dapat dikurangi
dengan mengkonsumsi karbohidrat. Hal ini dapat membuat Anda mengkonsumsi terlalu
banyak karbohidrat dan meningkatkan berat badan. Selain itu, hormon stress juga cenderung
meningkatkan penyimpanan lemak, terutama di daerah perut.
Tidak hanya olahraga dengan intensitas sedang yang dilakukan dalam waktu lama yang dapat
membantu membakar kelebihan kalori Anda. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa olahraga
dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat juga dapat meningkatkan laju metabolisme.
Makan Makanan Tinggi Kalori Setelah Berolahraga
Hal yang satu ini merupakah kesalahan yang paling sering terjadi pada orang yang sedang
berusaha menurunkan berat badan dengan berolahraga yaitu mengkonsumsi makanan tinggi
kalori setelah berolahraga sebagai hadiah karena Anda telah berolahraga hari ini.
Anda memang memerlukan karbohidrat setelah berolahraga untuk membantu menyeimbangkan
kadar hormon stress, terutama bila sebagian besar olahraga Anda terdiri dari aerobik. Akan tetapi
mengkonsumsi terlalu banyak gula dan makanan tinggi kalori justru dapat membuat berat badan
Anda meningkat.
Berdiet dengan cara yang salah
Anda harus perhatikan asupan makanan Anda. Apakah Anda masih sering mencemil makanan ringan. Untuk berdiet sebaiknya Anda tetap sarapan sehat, makan siang dengan porsi biasa. Makan 2-4 porsi sayuran dan buah-buahan
Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kombinasikan olahraga Anda dengan diet sehat dan
seimbang yang memang dikhususkan untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan diet
merupakan faktor penting dalam proses penurunan berat badan. Bagaimana diet Anda tentunya
tergantung pada seberapa banyak berat badan yang ingin Anda kurangi. Akan tetapi, pastikan
Anda juga tidak mengkonsumsi terlalu sedikit kalori jika Anda juga berolahraga karena hal ini
dapat mengganggu keadaan kesehatan Anda secara keseluruhan.
Baru Mulai Berolahraga
Sebelum mulai mempertanyakan mengapa dengan berolahraga berat badan Anda tidak juga
turun, Anda harus mengingat terlebih dahulu berapa lama Anda telah mulai berolahraga secara
teratur. Jangan mengharapkan berat badan Anda akan langsung turun setelah berolahraga selama
1-2 minggu.
Diperlukan waktu sekitar 2-4 minggu di mana olahraga mulai menunjukkan hasilnya. Selain itu,
terdapat berbagai hal lainnya yang dapat mempengaruhi proses penurunan berat badan Anda
seperti apakah Anda menderita obesitas dan apakah Anda telah terbiasa berolahraga sebelumnya.
Bersabarlah dan Anda pun akan melihat hasil kerja keras Anda.
Menderita Gangguan Kesehatan Tertentu
Jika Anda telah melakukan semuanya dengan benar (diet dan olahraga teratur), tetapi berat badan
Anda tidak juga turun, dianjurkan agar Anda berkonsultasi dengan dokter Anda.
Terdapat beberapa gangguan kesehatan yang dapat mempengaruhi berat badan Anda seperti
gangguan kelenjar tiroid dan gangguan keseimbangan hormonal (menopause). Selain itu,
kesulitan penurunan berat badan ini juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu, kekurangan
vitamin tertentu, dehidrasi yang membuat tubuh menahan lebih banyak cairan, atau berbagai
gangguan lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut cara menurunkan berat badan dengan cepat, klik disini
Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat membantu