Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 14 Sep 2018  20:09 WIB  1 komentar
Dok setelah saya browsing sepertinya saya mengalami Sindrom Mulut Terbakar mendadak beberapa hari ini. Bagaimana cara mengobati nya ya?
 15 Sep 2018  07:55 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Apakah keluhan yang anda alami? kami tidak dapat membantu memberikan diagnosa karena info yang anda berikan sangat minim. 

Sindrom mulut terbakar adalah nyeri terbakar yang kronis di mulut. Rasa sakit dari sindrom mulut terbakar dapat mempengaruhi lidah, gusi, bibir, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, atau area luas di seluruh mulut. Sindrom ini dapat mengenai siapapun, namun lebih banyak terjadi pada wanita setengah baya maupun lanjut usia. Sindrom ini bisa muncul setiap hari dan biasanya terjadi dalam periode yang panjang (bulanan sampai tahunan). Rasa terbakar mungkin dirasakan terus menerus atau hanya sebentar-sebentar disertai rasa kering pada mulut, dan haus yang berubah-ubah. Keadaan ini dapat berdampak pada perubahan seseorang dalam kebiasaan makan, menjadi lekas marah, depresi, dan penghindaran pada orang lain.

 

Penyebab umum sindroma mulut terbakar adalah : 

  • Penggunaan antibiotik. Penggunaan antibiotika dapat mengubah keseimbangan bakteri di dalam mulut, selain itu juga dapat menyebabkan jamur candida mudah berkembangbiak di dalam mulut.
  • Kerusakan saraf yang mengendalikan rasa sakit dan pengecapan
  • Perubahan hormon
  • Penggunaan obat kumur dan semprotan mulut yang berlebihan
  • Pemakaian zat-zat yang dapat membuat mulut kering, seperti alkohol atau penggunaan tembakau, dan berbagai pengobatan lainnya
  • Sensitivitas terhadap makanan tertentu dan pewarna makanan, terutama sekali asam sorbic dan asam benzoat (bahan pengawet makanan), propylene glycol (ditemukan sebagai moustirising agen pada makanan, obat-obatan, dan kosmetik), chicle (ditemukan pada beberapa permen karet), dan kayu manis
  • Kekurangan zat gizi seperti vitamin B12, asam folat, vitamin B-kompleks, dan zat besi

 

Kami sarankan anda berkonsultasi langsung ke dokter terlebih dahulu untuk dapat diketahui keluhan apa yang sebenarnya anda alami, sehingga dokter dapat mencari penyebabnya dan memberikan terapi yang tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat