Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 12 Oct 2017  20:06 WIB  1 komentar
Kenapa leher saya sakit mksh dok
 13 Oct 2017  09:40 WIB
Selamat Pagi,
Terima kasih sudah berkonsultasi dengan dokter.id

Penyebab leher sakit sebenarnya ada banyak:
Posisi tidur salah
Adanya benturan
Adanya luka
Kolesterol dan tekanan darah tinggi
Sehingga untuk mengetahui dengan pasti maka perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter

Untuk membantu Anda mengatasi nyeri otot leher, di bawah ini ada beberapa gerakan peregangan yoga yang dapat membantu.
Tangan di Belakang Kepala

Gerakan peregangan yang satu ini membantu membuka bahu Anda, yang dapat membantu mengatasi nyeri otot leher.

Caranya adalah duduk atau berdiri, kemudian kaitkan jari tangan kanan dan kiri di belakang kepala Anda, kemudian letakkan kepala Anda ke tangan Anda tersebut. Setelah itu, lebarkan siku Anda ke samping dan belakang.



Dagu ke Dada

Karena leher Anda menghubungkan tubuh Anda ke pikiran Anda, maka hal ini akan membuat otot leher Anda sangat mudah mengalami stress. Gerakan yang satu ini dapat membantu meregangkan otot leher dan membuatnya lebih rileks.

Caranya adalah duduk tegak, kemudian dekatkan dagu Anda ke dada. Bila gerakan ini masih tidak dapat membuat otot leher Anda teregang dan rileks, Anda dapat meletakkan tangan Anda ke bagian belakang kepala Anda, tetapi jangan menekan leher Anda. Tarik napas dalam-dalam sebanyak 5x.



Lihat ke Belakang

Caranya adalah duduklah dengan posisi tegak, kemudian peganglah ujung kepala Anda dan tarik napas dalam-dalam. Saat Anda membuang napas, lihatlah ke belakang Anda melalui sisi kanan sejauh yang Anda bisa, tetapi jangan gerakkan tubuh Anda. Kemudian lakukan gerakan yang sama sambil melihat ke belakang melalui sisi kiri. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali pada setiap sisi.



Putar dan Jatuhkan Bahu

Otot bahu yang tegang dan lelah juga dapat membuat otot leher Anda terasa nyeri. Gerakan yang satu ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot pahu dan punggung atas.

Caranya adalah duduk atau berdiri tegak. Saat Anda menarik napas, gerakkan bahu Anda ke arah telinga secara perlahan, kemudian saat Anda membuang napas, tarik bahu Anda ke belakang, kemudian kembalikan ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.



Peregangan Bahu

Gerakan ini dapat membantu merilekskan otot bahu, punggung bawah, dan leher.

Caranya adalah putar kedua bahu Anda ke belakang bawah, kemudian kaitkan jari tangan Anda di belakang pinggang. Saat menarik napas, cobalah untuk meluruskan tangan Anda kemudian naikkan. Saat membuang napas, tekuk siku Anda ke samping sambil tetap mengaitkan jari tangan Anda, kemudian kembalikan tangan Anda ke dekat pinggang.



Telinga ke Bahu

Gerakan ini dapat membantu meregangkan otot-otot yang berfungsi untuk memutar dan memiringkan kepala. Otot-otot ini dapat menjadi kaku dan nyeri saat Anda terlalu lama duduk.

Caranya adalah tarik napas dalam dan saat membuang napas, dekatkan telinga kanan Anda ke bahu kanan. Tarik napas dan kembalikan posisi kepala ke semula, kemudian saat membuang napas, dekatkan telinga kiri Anda ke bahu kiri. Ulangi gerakan ini sebanyak 3x pada setiap sisi. Jika Anda membutuhkan regangan tambahkan, letakkan tangan Anda ke samping kepala Anda dan tekan perlahan.

Demikian jawaban yang diberikan semoga dapat membantu