Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 22 May 2020  22:06 WIB  3 komentar
Dokter ibu saya kencingnya sakit itu kenapa ya dok tolong jawabannya. Ibu saya punya riwayat batu ginjal 5 tahun lalu
 24 May 2020  07:16 WIB

Sebaiknya anda membawa ibu anda ke dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, untuk memastikan apakah keluhan tersebut dikarenakan batu saluran kemih atau infeksi saluran kemih, karena akan berbeda dalam terapi nya. 

 

 

 23 May 2020  08:21 WIB
Lalu saran obat apa yang harus di konsumsi untuk menyembuhkan penyakit tersebut ?
 23 May 2020  07:55 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Gejala batu ginjal di antaranya: nyeri perut bagian bawah, pinggang, punggung, hingga selangkangan; demam; warna urin keruh kadang bercampur darah; dll. Namun ada juga keadaan lain yang dapat menyebabkan gejala tersebut diantaranya: infeksi pada saluran ginjal dan kencing, benda asing pada saluran ginjal dan kencing, dll. Apakah ibu anda juga mengalami sering BAK, nyeri perut di bagian bawah, urin keruh dan bau? Jika iya maka ibu anda kemungkinan sedang mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Namun tidak semua keluhan di atas terjadi bersamaan. Pada kondisi yang ringan, penderita mungkin hanya akan merasa tidak nyaman ketika BAK. Faktor risiko terjadi infeksi saluran kemih adalah minum sedikit, higienitas yang buruk, sering menahan BAK, dan hubungan seksual yang tidak sehat. 

 

Beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Jangan sering menahan keinginan untuk BAK
  • Minum air putih yang cukup minimal 1,5-2L/hari
  • Setiap selesai buang air dan berhubungan seksual, bersihkan organ intim dengan membilasnya dengan air bersih dari arah depan ke belakang (dari vagina ke anus). Lalu keringkan dengan tiss ue bersih.
  • Jangan stres berlebihan
  • Selain hal-hal diatas, pemberian obat-obatan juga diperlukan untuk mengatasi gejala misalnya untuk memberantas organisme penyebab infeksi, mengatasi nyeri ataupun demam yang menyertai.

 

Namun untuk memastikan kondisi ibu anda, sebaiknya berkonsultasi langsung ke dokter spesialis penyakit dalam agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik langsung, wawancara medis, pemeriksaan riwayat kesehatan, dan pemeriksaan penunjang lainnya seperti tes darah, tes urine, USG, rontgen, dll. Terapi akan diberikan setelah diketahui penyebabnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat