Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 11 Feb 2019  18:06 WIB  2 komentar
Sore dok ,sebelum nya saya mau cerita karna sudah mendingan tadi sore sekitar pas adzan Ashar..
saya lagi ngbrol bcnda bcnda dengan kaka saya ah tiba tiba tangan kiri saya seperti kejang pelan pelan saya mau lawan susah terus saya mau ngomong pun susah .. untung kaka saya liat akhir nya digotong ke kamar sewaktu digotong kata kaka saya mata saya sempet kaya ngebalik bentar tp terus kepala saya kaku ke arah kiri.. tp alamdulilah sewaktu saya sampe kamari badan saya berangsur pulih dan saya udh bisa mulai ngomong walaupun tangan kiri dan kaki kiri bner bner lemes .. saya dari kecil tidak punya riwayat epilepsi.. kata tetangga saya munkin asam lambung karna beberapa minggu kebelakang saya sempat sakit .dan wktu ditanya dokter saya punya magh saya jawab ,"tidak" krna emg pda dasar nya gaada .. apa mungkin dari obat ya ,dan makan saya kurang teratur diwaktu nya.. sekarang msih lemes tapi saya udh bisa jalan .. maaf bisa saya tau ini saya kenapa ya jujur saya takut banget ? untuk mencegah nya bagaimana ya kedepan nya agar tidak terjadi yan seperti ini lagi?
 12 Feb 2019  08:48 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Epilepsi adalah kecenderungan untuk kejang akibat adanya gangguan hantaran listrik pada sel-sel saraf.  Penyebab epilepsi mayoritas tidak diketahui, namun ada beberapa faktor yang diduga dapat menyebabkan epilepsi antara lain faktor genetik/keturunan, cedera kepala, infeksi otak, stroke, keganasan, dll.Pencegahan untuk kekambuhan dari epilepsi adalah dengan rutin mengkonsumsi obat anti epilepsi (OAE), untuk pengobatan ini sendiri bisa dihentikan jika dalam waktu 2 tahun bebas bangkitan kejang.

 

Bentuk kejang pada penderita epilepsi bermacam-macam, namun yang paling sering terjadi adalah kejang tonik-klonik yang ditandai dengan anggota tubuh bergerak-gerak (kelojotan), kehilangan kendali atas buang air besar dan buang air kecil, lidah tergigit, serta sulit bernapas. Kejang ini biasanya berhenti setelah beberapa menit. Sesudah itu, penderita dapat merasa pusing, bingung, lelah, atau sulit mengingat apa yang sudah terjadi.

 

Beberapa hal yang dapat memicu timbulnya kejang bagi orang yang menderita epilepsi antara lain: stress, kurang istirahat, tidak rutin minum obat anti-epilepsi, menstruasi, makanan tertentu yang me ngandung kafein, dll.  Penanganan epilepsi juga harus ditunjang dengan pola hidup yang sehat, seperti : makan makanan sehat dan bergizi, minum air putih minimal 2 liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, dll.

 

Untuk memastikan diagnosis pada anda tentunya tidak bisa hanya melalui forum konsultasi ini. Penentuan diagnosis harus melalui proses wawancara/anamnesa, pemeriksaan fisik secara langsung pada pasien dan melalui sejumlah tes penunjang yang dilakukan guna mengetahui kondisi abnormal pada otak. Kami sarankan apabila keadaan ini sering terjadi, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk mendapat diagnosis dan terapi yang tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

 11 Feb 2019  18:08 WIB
maaf dokter saya mau nambahin beberapa hari sblum obat abis ,saya kaya sakit magh di bagian perut kanan dibawah tapi tidak terlalu bawah..