Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 11 Jan 2019  15:25 WIB  1 komentar
Apakah diperbolehkan makan pisang ketika sedang batuk berdahak? karena sy kuatir justru pisang tersebut menambah dahak.
 11 Jan 2019  15:49 WIB

Selamat Sore

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Belum ada bukti secara medis yang menyatakan bahwa ada hubungan konsumsi pisang dengan batuk berdahak. Lendir atau dahak pada dasarnya diproduksi oleh saluran pernafasan untuk melembabkan dan membersihkan saluran nafas dari debu, kotoran dan benda asing. Beberapa penyebab produksi lendir berlebih antara lain:

  • Infeksi akibat virus maupun bakteri akan menyebabkan produksi lendir berlebih pada tenggorokan. Gejalanya menimbulkan rasa gatal ditenggorokan, batuk, dan nyeri menelan.
  • Sinusitis. Aliran lendir dari hidung ke tenggorokan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.
  • dll

 

Batuk berdahak dapat ditangani dengan pemberian obat-obat pengencer dahak seperti obat-obatan dari golongan mukolitik dan ekspektoran. Pengeluaran dahak yang sulit dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk mengencerkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Obat-obatan golongan mukolitik memiliki efektivitas untuk menghancurkan bentuk alami dahak dengan cara memecahkan ikatan komponen dalam dahak sehingga menjadi lebih encer dan lebih mudah dikeluarkan. Contoh obat ari golongan ini adalah: bromheksin. Obat-obatan ekspektoran memiliki efek dengan merangsang batuk dan memicu pengeluaran lendir dari saluran nafas yang bertujuan untuk mengurangi kekentalan dahak. Contoh obat dari golongan ini adalah: Glyceryl guaiacolate. Selain itu anda dapat memperbanyak konsumsi air putih hangat untuk membantu mengencerkan dahak. Minumlah madu yang dicampur dengan lemon dan air hangat untuk mengurangi gatal pada tenggorokan dan mengencerkan lendir.  Mengkonsumsi makanan dan minuman hangat, misalnya teh hangat juga dapat membantu mengencerkan dahak. Berkumur dengan air garam hangat 2-3 kali sehari untuk membantu mengeluarkan dahak.

 

Jika keluhan anda tetap tidak membaik dan mengganggu, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT supaya dapat dicari penyebab keluhan anda dan diterapi dengan tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat