Your browser does not support JavaScript!
Putri Dwi
Putri Dwi
 13 Jun 2018  19:03 WIB  1 komentar
Saya mau bertanya dok, saya sering banget merasa pusing, pandangan saya juga sering kabur/berkunang-kunang,terkadang saya juga pingsan akibat berdiri terlalu lama, waktu habis duduk/tidur ketika berdiri langsung pusing. saya mengecek tekanan darah yaitu 67/50 apakah itu bahaya?
 14 Jun 2018  11:24 WIB

Selamat siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Tekanan darah rendah/hipotensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg. Tekanan darah normal untuk orang dewasa adalah sekitar 120/80 mmHg. Pada saat tekanan darah rendah maka oksigen yang dialirkan dari jantung ke seluruh tubuh mengalami gangguan sehingga tubuh kekurangan pasokan oksigen dan organ-organ tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Gejala saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, lemas, mual, pandangan kabur/gelap, sulit berkonsentrasi, kaki dan tangan dingin, pucat, napas pendek atau cepat, depresi hingga rasa haus yang berlebih, jantung berdebar kencang.

 

Beberapa penyebab Hipotensi di antaranya adalah:

- Hipotensi ortostatik : tekanan darah turun secara abnormal dalam waktu 3 menit setelah berdiri dari posisi duduk atau berbaring.  Hal ini terjadi saat seseorang merasa pusing ketika mereka berdiri terlalu cepat, namun gejala biasanya segera membaik setelah beberapa detik saat aliran darah sudah kembali normal ke dalam otak. Untuk mencegah timbulnya gejala, bangunlah secara perlahan dari posisi duduk maupun berbaring.

- Anemia:  kondisi di mana kandungan hemoglobin di dalam darah rendah. Salah satu gejalanya adalah tekanan darah rendah.

- Perdarahan hebat

- Infeksi darah (Sepsis)

- Anafilaksis: reaksi alergi parah yang berpotensi mengancam nyawa

- Kehamilan. 

- Efek samping pengobatan.

 

Beberapa hal yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah anda, yaitu:

  • Konsumsi garam yang lebih banyak
  • Minumlah banyak air putih, setidaknya 8 gelas setiap harinya. 
  • Konsumsilah lebih banyak air putih saat cuaca panas dan saat sakit
  • Bila anda menggunakan obat-obatan tertentu, tanyakanlah pada dokter anda apakah obat-obatan yang anda konsumsi tersebut dapat menimbulkan berbagai gejala yang anda alami
  • Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)
  • Berhati-hatilah saat berdiri dari posisi tidur atau duduk. Gerakkanlah kaki dan pergelangan kaki anda beberapa kali sebelum berdiri, lalu berdirilah dengan perlahan. Saat bangun dari tempat tidur anda, duduklah dulu pada pinggir tempat tidur anda selama beberapa menit sebelum berdiri
  • Posisikan kepala anda lebih tinggi saat tidur
  • Berolahraga secara teratur

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat