Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 15 Apr 2019  10:40 WIB  1 komentar
pagi dok,
saya seorang teller disebuah bak, saya duduk selama 8 jam lebih perhari.. lalu saat ini saya sering mengalami sakit pinggang disebelah kiri. rasa nyerinya tidak bergitu nyeri haya saja sering sekali ada rasa panas dipinggang kiri saya. saya tidak mengalami gangguan dalam BAK, tidak merasakan sakit dan tidak keluar darah saat BAK. kira-kira ini kenapa ya dok? dan bagaimana mengatasinya dok?
terima kasih
 15 Apr 2019  17:02 WIB

Selamat Sore

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.

 

Ada berbagai kemungkinan pemicu rasa nyeri pinggan, antara lain kelainan pada saraf, otot, hingga ke organ dalam, seperti ginjal, usus besar, dan sebagainya. Apakah nyeri pinggang anda berhubungan dengan perubahan posisi tubuh? Kapankah nyeri menghilang? Beberapa penyebab nyeri pinggang antara lain:

  • Postur/ posisi tubuh yang tidak tepat
  • HNP (Hernia Nukleus Pulposus atau penonjolan bantalan tulang belakang)
  • Skoliosis
  • Ankylosing spondylitis, radang kronis yang mempengaruhi tulang belakang, sendi, dan otot
  • Berat badan. Berat badan tidak ideal, terutama berat badan berlebih/ obesitas dapat meningkatkan risiko nyeri punggung.
  • Kurangnya aktivitas fisik memiliki risiko mengalami nyeri punggung lebih besar. Namun aktivitas fisik yang tidak tepat, seperti terlalu sering mengangkat beban berat dengan cara yang salah, kebiasaan bekerja dengan posisi duduk yang membungkuk juga dapat meningkatkan risiko nyeri punggung. 
  • Nyeri karena masalah otot dan tulang. Biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau dengan perubahan posisi. Namun membaik dengan pemberian antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nefrolithiasis (batu ginjal)
  • Pyelonefritis (infeksi ginjal)
  • dll

 

Beberapa hal yang bisa anda lakukan:

-  Kompres pinggang yang nyeri dengan air hangat

- Pertahankan postur tubuh yang baik, duduk dengan tegak, hindari membungkuk dan jangan duduk lebih dari 30 menit. Usahakan untuk bekerja ataupun beraktivitas dalam posisi yang nyaman agar tidak membungkuk kedepan atau membuat tulang belakang menjadi miring, caranya dengan mengatur tinggi meja dan kursi

- Hindari gerakan fisik yang mendadak dan berat

- Olah raga seperti berenang, berjalan, maupun yoga dapat membantu mencegah anda mengalami nyeri punggung

- Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol

- Cukup waktu tidur dan istirahat 

- Banyak minum air putih

 

Apabila keluhan tetap berlanjut sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis saraf karena perlu analisis terhadap gejala anda dan dilakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang lainnya. Karena beda penyebab akan berbeda pula dalam penanganan dan terapi.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat