Your browser does not support JavaScript!
  Trimester III: Minggu 40

Siap Untuk Melahirkan

 

Umurku 38 minggu sekarang. Aku sudah sempurna dan sangat siap melihat dunia. Jika bayi tidak keluar sekarang maka akan berbahaya bagi ibu hamil maupun aku.

 

Minggu ini janin sudah berkembang dengan sempurna, panjang total rata-rata 48 cm dan berat badan rata-rata 3.400 g. Bayi memenuhi ruang rahim dan hampir tidak memiliki ruang gerak. Imunitas atau kekebalan dari Ibu hamil akan bertahan di tubuh bayi dan membantunya melawan infeksi selama 6 bulan ke depan. Bayi memiliki 300 tulang pada saat dilahirkan, setelah dewasa memiliki 206 tulang. Hal ini disebabkan karena beberapa tulang bayi akan bergabung menjadi satu di kemudian hari. Sebagian besar verniks kaseosa pada bayi sudah menghilang.

Lima belas persen total tubuh bayi adalah lemak, 80%-nya berada di bawah kulit, dan 20% lainnya berada di sekitar organ. Bayi laki-laki atau perempuan, putingnya dapat mengeluarkan sedikit air susu. Apabila hal ini terjadi maka tidak usah khawatir karena kondisi ini akan menghilang dalam beberapa hari ke depan.

Saat bayi dilahirkan, dokter akan memotong tali pusatnya kemudian mulut dan tenggorokan bayi akan disedot. Selanjutnya, bayi akan diperiksa, dibersihkan, dan dilakukan penilaian Apgar Score. Sesudah pemeriksaan, bayi akan diberikan selimut bersih dan diletakkan di dada Ibu untuk inisiasi menyusu dini. Sangat penting untuk menjaga kehangatan bagi bayi baru lahir. Ubun-ubun kecil bayi yang saat ini masih terbuka akan menutup dalam waktu 3 bulan setelah dilahirkan, sedangkan ubun-ubun besar akan menutup sekitar pertengahan tahun kedua.

Setelah itu, bayi akan diberikan tetes mata untuk mencegah infeksi dan suntikan vitamin K untuk membantu faktor bekuan darah bayi. Kemudian bayi diletakkan di tempat penghangat selama 30 menit sampai 2 jam. Vaksin hepatitis dianjurkan diberikan pada bayi baru lahir.

Jaundice pada bayi baru lahir dapat terjadi. Jaundice adalah dimana kadar bilirubin yang meningkat dan mengakibatkan kuning pada kulit bayi. Kadar bilirubin dapat meningkat selama 3-4 hari setelah kelahiran bayi dan kemudian turun. Namun apabila jaundice terjadi dalam 24 jam pertama kelahiran dan kadar biliribun tidak menurun, maka mungkin bayi memerlukan fototerapi untuk membantu menghancurkan bilirubin.

 

Ibu:

 

Selamat untuk para Ibu, Ibu sudah melakukan pekerjaan yang sangat baik. Bayi saat ini sudah sangat siap untuk melihat dunia. Untuk para Ibu, ini adalah akhir dari perjalanan kehamilan yang panjang.

Ukuran dari simfisis pubis ke bagian atas rahim berukuran 36-40 cm. Pada saat ini Ibu sudah sangat siap untuk melahirkan bayi. Bila usia kehamilan melebihi batas tanggal, plasenta akan gagal memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dan akibatnya bayi dapat kehilangan nutrisi. Keadaan ini disebut dengan postmatur. Berdasarkan beberapa pertimbangan, dokter dapat melakukan induksi atau rangsangan agar terjadi persalinan. Induksi akan dilakukan dengan menggunakan obat-obatan yang dosisnya diberikan meningkat secara perlahan sampai kontraksi dimulai. Saat Ibu menerima obat, kondisi Ibu dan juga keadaan janin akan dimonitor secara ketat.

Selain induksi, digunakan juga obat untuk mematangkan serviks agar terjadi peregangan dan pembukaan. Apabila induksi dengan obat-obatan tidak berhasil atau terjadi gawat janin, kemungkinan dokter akan menyarankan operasi sesar untuk melahirkan bayi.

Rahim Ibu hamil akan mengecil dari ukuran semangka ke ukuran bola voli setelah melahirkan. Dalam waktu beberapa minggu, rahim Ibu akan kembali ke ukuran normal.

 

Tips: Profil Biofisikal

 

Profil biofisikal adalah tes komprehensif yang digunakan untuk memeriksa janin yang masih berada di rahim. Fungsi dari tes ini adalah membantu melihat kesehatan dan kesejahteraan janin di dalam rahim. Tes ini umumnya dilakukan apabila Ibu melewati batas waktu persalinan. Profil biofisikal menggunakan sistim skoring dengan menggunakan USG dan monitor janin eksternal. Tes profil biofisikal dibagi menjadi 5:

Pernapasan Janin:

Evaluasi pernapasan janin dengan melihat pergerakan dada janin di dalam rahim. Penilaian dilakukan berdasarkan jumlah pernapasan dalam beberapa waktu tertentu

Pergerakan Janin:

Penilaian dilakukan berdasarkan banyaknya gerakan janin dalam beberapa waktu tertentu

Tonus Janin:

Penilaian berdasarkan pergerakan tangan dan kaki

Jumlah Cairan Amnion:

Jumlah cairan amnion dihitung berdasarkan pemeriksaan USG

Denyut Jantung Janin:

Monitor eksternal digunakan untuk memantau detak jantung janin

Apabila penilaian pada tes ini rendah maka direkomendasikan untuk segera melahirkan bayi. Tes ini dapat dilakukan satu atau dua kali seminggu dan dapat diulangi apabila hasil yang didapat kurang meyakinkan.