Your browser does not support JavaScript!
  Trimester I: Minggu 4

Awal Pembentukan Organ

 

Umurku 2 minggu saat ini. Aku sudah melekat ke rahim ibuku sambil bekerja keras membuat tubuhku. Masih 36 minggu lagi!





Saat ini embrio sudah berusia 2 minggu. Pada perkembangan minggu ke-4, blastokista sebagian terbenam di dalam stroma endometrium (rahim). Setelah blastokista aman melekat di dalam rahim, salah satu bagiannya akan membentuk embrio dan bagian lain akan membentuk kantong kuning telur (yolk sac) yang akan berfungsi untuk melindungi dan memberikan suplai makanan bagi embrio sampai plasenta terbentuk.

Saat ini plasenta baru dibentuk namun baru akan sempurna sekitar 8 minggu lagi. Pada akhir minggu ke-4, sinsiotropoblas akan bertanggung jawab atas produksi Human Chorionic Gonadotropin (HCG) yang akan terus meningkat sampai hari ke-60 kehamilan. Menjelang akhir minggu ini, telah diproduksi cukup banyak hormon hCG yang dapat menjadi dasar untuk pengujian kehamilan. Hormon ini dapat ditemukan di air kemih wanita hamil dan menjadi kekhasan untuk menentukan apakah seorang wanita hamil atau tidak.

Setelah perlekatan terjadi, hormon hCG akan mulai dilepaskan. hCG akan merangsang korpus luteum (kantong tempat keluar sel telur) untuk memproduksi hormon progesteron yang berguna untuk menjaga lapisan rahim sebagai sarana perlekatan embrio sampai plasenta mengambil alih-6 minggu dari sekarang.

Embrio akan bekerja keras minggu ini, membuat plasenta, tangkai penghubung (yang akan berkembang menjadi tali pusat), dan dasar dari tubuhnya. Kantong amnion yang berisi cairan amnion atau cairan ketuban yang mengelilingi embrio berguna untuk melindungi embrio. Sedangkan yolk sac akan memproduksi darah dan membantu memberikan nutrisi untuk embrio sampai plasenta mengambil alih.

 

Ibu:

 

Sama seperti minggu sebelumnya, Ibu akan merasakan tanda-tanda kehamilan. Serviks (leher rahim) akan melunak dan berubah warna. Ibu dapat memeriksakan kehamilannya minggu ini dengan melakukan tes kehamilan menggunakan stik. Jangan kecewa apabila hasilnya negatif, tidak semua alat tes kehamilan memiliki sensitivitas yang sama. Apabila hasilnya masih negatif maka Ibu dapat mencoba lagi 1 minggu ke depan. Semakin lama menunggu untuk melakukan tes kehamilan, maka akan semakin besar kemungkinannya untuk positif.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengkonsumsi asam folat 400 mikrogram/hari. Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi di awal kehamilan karena dapat mengurangi resiko terjadinya kelainan saraf tulang belakang pada janin. Sumber dari asam folat dapat ditemukan di hati, gandum, sayuran, buah, dan ragi. Jangan biarkan diri Ibu lepas kendali hanya karena Ibu hamil, Ibu mungkin makan untuk berdua tetapi Ibu tidak harus makan dua kali lebih banyak. Makan berlebihan tidak akan menambah kesehatan janin namun hanya akan menambah berat badan Ibu, dan hal tersebut tidak baik. Apabila Ibu lapar, sebaiknya Ibu mengkonsumsi makanan sehat seperti cemilan ringan, jus segar, roti gandum, susu atau produk susu, dan sumber protein seperti daging dan unggas. Sereal, buah, dan sayuran sebaiknya dikonsumsi secara seimbang. Hindari kalori kosong (banyak gula dan lemak).

Saat ini adalah saat yang emosional bagi seorang Ibu yang sedang hamil. Perubahan mood dan keluhan mual sangat mengganggu. Di sinilah peran ayah atau pasangan untuk selalu mendampingi sang istri. Perhatikan istri Anda, dampingi selalu, tanyakan keluhannya, dan cobalah mengerti kondisinya. Calon orang tua dapat membaca buku kehamilan bersama-sama untuk mengetahui mengenai apa yang terjadi di kehamilan setiap minggunya.

 

Tips: Jaga Kesehatan Janin Anda

 

Hindari aspirin, merokok, dan minum alkohol ketika sedang hamil. Aspirin dapat menyebabkan perdarahan dan perubahan di dalam fungsi pembekuan darah. Merokok mengganggu penyerapan dari vitamin B dan C serta asam folat, menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, meningkatkan resiko keguguran, dan kematian bayi segera setelah melahirkan. Perokok pasif juga memiliki efek yang sama dengan yang aktif. Saat sedang hamil, mintalah agar orang sekitar untuk tidak merokok di dekat Anda. Minum-minuman keras dapat menyebabkan Fetal Alcohol Syndrome.