Your browser does not support JavaScript!
  Trimester III: Minggu 39


Tinggal 1 Minggu Lagi

 

Umurku 37 minggu. Panjangku 48cm dan beratku 3-3.2 kg. Tinggal 1 minggu lagi!

 



Berat bayi saat ini mencapai rata-rata 3-3.2 kg dengan panjang total rata-rata 48 cm. Tali pusat bayi memiliki panjang sekitar 50 cm sehingga dapat terjadi lilitan tali pusat pada tubuh bayi mengingat bayi yang sudah besar dan mengambil hampir seluruh ruang yang tersisa di dalam rahim. Seluruh organ tubuh bayi siap berfungsi sempurna sekarang.

 

Ibu:

 

Ibu mungkin sudah merasa sangat tidak nyaman saat ini. Perasaan tekanan pada rongga panggul semakin besar. Pengukuran dari simfisis pubis sampai bagian atas rahim Ibu sekitar 36-40 cm. Anda para Ibu hamil hampir berada di akhir kehamilan. Jangan panik apabila bayi belum juga lahir sampai akhir minggu ini. Hanya 4% bayi yang lahir sesuai dengan perkiraan tanggal kelahiran. Bersantailah dan tenangkan pikiran, pergi jalan-jalan dengan pasangan Ibu.

Kebanyakan wanita akan mengalami penurunan berat badan sekitar 5 kg segera setelah melahirkan (bayi seberat 3,5 kg, plasenta 0,5 kg, darah dan cairan amnion 1 kg). Setelah melahirkan, Ibu akan mengeluarkan lokia atau selaput yang ada di rahim Ibu. Lokia ini awalnya bercampur dengan darah sehingga berwarna merah seperti darah menstruasi lalu perlahan-lahan menjadi berwarna kekuningan atau keputihan sebelum akhirnya berhenti.

Emosi Ibu hamil mungkin saja menjadi naik turun setelah melahirkan atau mengalami sindrom baby blues. Para Ibu hamil akan mudah merasa sedih, lelah, tidak dapat tidur, dan cemas. Masalah emosional ini akan berlalu dalam 2-3 minggu ke depan.

 

Tips: Mengatasi Payudara Bengkak dan Penuh Air Susu

 

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi payudara yang membengkak dan penuh ASI adalah:

  • Yang paling mudah dilakukan adalah mengosongkan payudara dengan menyusui atau air keras dikeluarkan dengan cara breast pump
  • Kompres dengan kantong es
  • Susui bayi dengan kedua payudara secara bergantian
  • Apabila Ibu sedang tidak bisa menyusui, usahakan mengeluarkan air susu secara teratur untuk menjaga air susu Ibu terus mengalir
  • Hubungi dokter bila nyeri terus berlanjut

"