Your browser does not support JavaScript!
  Trimester III: Minggu 32

Kuku dan Rambut Asli Mulai Terbentuk 

 

Umurku 30 minggu sekarang. Panjangku 40-41 cm dan beratku 1.7-1.8 kg. Kuku kaki, kuku tangan, dan rambut asli sudah mulai terbentuk Kulitku menjadi lembut dan halus yang merupakan persiapan untuk kelahiran. Tinggal 8 minggu lagi!

 




Tulang bayi Anda telah terbentuk, namun masih lunak. Paru-paru bayi Anda juga masih dalam tahap pengembangan akhir. Jika Anda melakukan pemeriksaan USG maka Anda mungkin dapat melihat sedikit rambut di kepala bayi Anda.

Untuk kebutuhan ibu kebutuhan bayi dalam bertumbuh, volume darah Anda meningkat 40-50 persen sejak Anda hamil. Dan dengan rahim Anda mendorong dekat diafragma Anda. Biasanya Ibu akan mengalami sesak napas dan sakit maag. Untuk membantu meringankan ketidaknyamanan Anda, cobalah tidur diganjal dengan bantal dan makan makanan kecil lebih sering.

 

Ibu:

 

Rahim Ibu berada 12 cm di atas pusar dan sekitar 32 cm di atas simfisis pubis. Anda mungkin mengalami nyeri punggung bawah sebagai tanda kehamilan Anda semakin membesar. Jika Anda merasakannya, biarkan dokter atahu segera, terutama jika Anda belum memiliki sakit punggung sebelumnya, karena bisa jadi tanda persalinan prematur.

Rahim akan semakin membesar, terjadi peregangan dan melemahkan otot-otot perut Anda, mengubah postur tubuh Anda dan meletakkan beban pada punggung Anda. Perubahan hormonal pada kehamilan melonggarkan sendi dan ligamen yang menempel tulang panggul Anda ke tulang belakang Anda. Hal ini dapat membuat Anda merasa kurang stabil dan menyebabkan rasa sakit ketika Anda berjalan, berdiri, duduk untuk waktu yang lama, berguling di tempat tidur, berdiri dari kursi rendah atau keluar dari bak bak mandi, mengangkat barang berat.

 

Tips: Agar Ibu Hamil merasa nyaman

 

Beberapa hal yang dapat membuat Anda merasa lebih nyaman saat hamil adalah:

  • Makan sedikit tapi sering
  • Penuhi kebutuhan nutrisi mulai karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral
  • Cobalah untuk tidak mengangkat beban berat
  • Saat duduk di lantai, ambil posisi bersila
  • Gunakan bantal untuk menyangga punggung Ibu.