Your browser does not support JavaScript!
  Trimester III: Minggu 30


Daya Lihat Janin Semakin Berkembang 

 

Umurku 28 minggu sekarang. Panjangku 38 cm dan berat badanku 1.35 kg. Seluruh panca inderaku sudah bekerja hampir sempurna. Tinggal 10 minggu lagi!

 



Berat janin Ibu saat ini berkisar 1.35 kg dengan panjang total sekitar 38 cm. Lapang pandang dan daya lihat janin semakin berkembang. Ketika janin membuka mata, janin hanya akan berespon terhadap cahaya karena visusnya yang hanya 20/400 (orang dewasa normal memiliki visus 20/20) sehingga hanya dapat mengenali objek beberapa cm saja dari wajahnya. Janin akan terus menumpuk lemak di tubuhnya yang akan membuat kulit janin lebih halus dan menjaga kehangatan tubuh janin saat lahir nanti.

Janin Ibu berada dalam posisi menekuk-melingkar saat ini dengan lutut tertekuk, lengan dan kaki melintang, dan dagu menyentuh dada. Ini disebut dengan posisi janin. Seluruh panca indera janin sudah bekerja hampir sempurna. Apabila janin bergerak terlalu aktif karena suara yang keras maka perlahan usap perut Ibu, hal ini dapat membantu menenangkan mereka.

 

Ibu:

 

Ibu mungkin merasa sedikit lelah beberapa minggu terakhir dan terutama karena mengalami kesulitan tidur. Ibu juga mungkin lebih ceroboh dari biasanya. Hal tersebut dapat dimengerti, bukan hanya karena pertambahan berat badan, namun kehamilan dan daerah sekitar perut yang berat dapat mengganggu konsentrasi Ibu.

Hormonal juga menyebabkan relaksasi dari ligamen yang menyebabkan sedikit gangguan keseimbangan. Kombinasi antara keluhan yang tidak nyaman dan perubahan hormonal membawa emosi Ibu naik turun. Apabila hal ini tidak dapat teratasi maka bicarakanlah dengan dokter, depresi ketika masa kehamilan terjadi pada 1 dari 10 wanita.

Membran atau selaput yang berada di sekitar janin disebut dengan kantong kehamilan (amniotic sac). Di dalam kantung tersebut terdapat cairan ketuban yang umumnya tidak akan pecah atau merembes sampai saat persalinan tiba. Apabila cairan ketuban merembes sebelum waktunya maka segeralah ke rumah sakit. Membran tersebut melindungi janin dari infeksi. Dengan bocornya kantung maka infeksi akan mudah terjadi.

 

Plasenta Previa

 

Plasenta previa adalah plasenta yang letaknya abnormal yaitu di segmen bawah rahim sehingga dapat menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir. Plasenta previa dapat menjadi masalah serius karena dapat menyebabkan perdarahan saat kehamilan dan persalinan. Penyebabnya belum diketahui secara pasti namun frekuensinya meningkat pada grande multipara, primigravida tua, bekas seksio sesarea, bekas aborsi, kelainan janin, dan mioma uteri.

Gejala utama plasenta previa adalah perdarahan jalan lahir yang berwarna merah segar, tanpa nyeri, tanpa sebab, dan terutama terjadi pada multigravida pada kehamilan setelah 20 minggu. Untuk diagnosis pasti digunakan pemeriksaan USG. Persalinan sebaiknya dilakukan di rumah sakit dengan fasilitas operasi mengingat komplikasinya yaitu perdarahan hingga syok.

Sebelum tiba masa persalinan, Ibu umumnya dianjurkan untuk tirah baring total dengan menghadap kiri, tidak melakukan hubungan intim, dan menghindari peningkatan tekanan rongga perut (batuk, mengedan). Tergantung derajatnya, Ibu dengan plasenta previa dapat melahirkan secara normal (pervaginam). Namun apabila Ibu mengalami plasenta previa totalis (jalan lahir tertutup semua dengan plasenta), maka persalinan perabdominam atau operasi sesar adalah jawabannya.

 

Tips: Mengatasi Ketidaknyamanan di Kala Hamil

 


Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat hamil adalah: 

  • Bersandar dalam posisi nyaman untuk menjaga tulang punggung Ibu
  • Jaga postur tubuh yang baik. Postur tubuh sesuai dengan anatomis akan membantu mengurangi keluhan punggung, pernapasan, dan saluran pencernaan. Salah satu cara menjaga postur tubuh adalah dengan mengangkat dada Ibu sehingga membantu menjaga punggung tetap lurus
  • Nutrisi seimbang. Kebutuhan nutrisi janin paling tinggi saat ini. Pastikan Ibu berdiet seimbang dengan kandungan zat besi dan kalsium yang cukup
  • Istirahat. Istirahat yang cukup sangat penting selama kehamilan. Gunakan bantal di punggung untuk membantu tidur di kala malam. Cobalah untuk tidur menyamping dengan bantal diantara lutut dan satunya di bawah perut Ibu
  • Olahraga. Olahraga rutin sebaiknya dilanjutkan selama trimester ketiga ini. Lakukan pemanasan dan pendinginan serta jangan terlalu dipaksakan
  • Pakai baju dan sepatu yang nyaman untuk mencegah nyeri punggung