Your browser does not support JavaScript!
  Trimester III: Minggu 28

Pembentukan Jantung Telah Sempurna 

 

Umurku 26 minggu. Panjang total tubuhku 35 cm dan berat badanku 1.100 gram. Ibu dapat mendengar denyut jantungku saat ini. Tinggal 12 minggu lagi!

 




Janin Ibu mengalami peningkatan berat badan lebih dari 10 kali dalam 11 minggu. Namun selama 4 minggu terakhir ini, berat badannya meningkat sampai 2 kali. Pada akhir minggu ke-28, berat badan janin mencapai 1.100 gram, panjang badan-bokong janin mencapai 25 cm dengan total panjang 35 cm. Kulit tipis janin berwarna kemerahan dan dilapisi dengan verniks kaseosa. Produksi sel darah merah sudah dilakukan seluruhnya oleh sumsum tulang janin.

Janin Ibu masih bergerak aktif sekarang, namun sekitar minggu ke-32 gerak janin akan berkurang karena sempitnya ruang gerak bagi janin di dalam kantong ketuban. Hal ini terjadi karena janin yang semakin bertambah besar. Otak janin saat ini mengendalikan refleks pernapasan dan suhu. Janin Ibu sekarang memiliki rambut di kepalanya dan lanugo hampir menghilang seluruhnya dari tubuh kecuali di bagian punggung dan bokong. Sebagai respon terhadap suara, detak jantung janin akan semakin cepat apabila mendengar suara Ibu.

 

Ibu:

 

Rahim Ibu berada 8 cm di atas pusar dengan kenaikan berat badan saat ini adalah 7,7-10,8 kg. Dari puting payudara Ibu, terkadang keluar rembesan cairan berwarna kekuningan yang disebut dengan kolostrum. Hal ini tidak berbahaya dan merupakan pertanda payudara sedang menyiapkan ASI untuk menyusui bayi. Dalam kunjungan berikutnya, dokter dapat memberitahu posisi janin Ibu sekarang, apakah kepala di bawah atau kaki dan bokong dibawah (sungsang). Janin dalam posisi sungsang kemungkinan akan dilahirkan dengan operasi sesar. Namun Ibu jangan khawatir apabila saat ini janin Ibu berada di posisi sungsang, masih ada waktu 2 bulan lagi bagi janin untuk merubah posisi. Kebanyakan janin akan merubah posisinya sendiri.
Dalam trimester ketiga ini, umumnya wanita hamil akan meningkatkan berat badannya sebanyak 5,5 kg. Apabila Ibu sedang berkunjung rutin ke dokter, maka cobalah untuk mendiskusikan mengenai cara persalinan nanti, apakah normal atau memerlukan operasi. Apabila ini adalah persalinan pertama, maka pertanyaan mengenai episiotomi, monitoring janin, dan pereda rasa nyeri adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Mulailah untuk mendiskusikan dengan dokter kebidanan Ibu mengenai A-Z perencanaan melahirkan untuk Ibu. Minggu ke-28 merupakan masa untuk mengulangi tes darah tertentu seperti tes toleransi glukosa.

 

Tips: Untuk Ayah

 

Trimester terakhir adalah trimester terberat bagi Ibu. Pastikan Anda terlibat dalam kesibukannya. Dukungan dari ayah dapat mempermudah keluhan dan kesulitan Ibu hamil. Ibu akan memerlukan pendampingnya lebih dari biasanya. Anda dan Ibu dapat berbelanja untuk membeli segala kebutuhan bagi bayi, membeli pakaian hamil, atau membeli minyak untuk memijat kaki Ibu.