Your browser does not support JavaScript!
 11 May 2021    12:00 WIB
Cara Menghindari Wajah Pucat Selama Puasa
Saat tubuh menjalani puasa selama 13 jam seharian tubuh tidak mengkonsumsi makanan atau minuman, sehingga tubuh menjadi pucat dan lemas. Saat berpuasa merasakan haus merupakan hal yang wajar. Jika tubuh tidak memiliki cadangan air yang cukup bisa mengakibatkan dehidrasi, dehidrasi ini yang membuat tubuh menjadi lemas dan pucat. Jadi bagaiman cara menghindai wajah pucat selama menjalani puas di bulan Ramadhan? Simak tips dibawah ini! Pakai skincare Menggunakan skincare merupakan hal yang wajib dilakukan, selalu rajin menggunakan skincare harian seperti cleanser, toner, essence, serum, dan sunscreen. Hal yang paling penting adalah menggunakan face mist, karena face mist bisa membuat wajah selalu segar secara instan, face mist merupakan solusi untuk mengembalikan kesegaran kulit wajah.   Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat Selain menggunakan skincare dari luar tubuh, yang bisa membuat wajah agar tetap segar selama puasa dari dalam tubuh adalah ketika sahur dan berbuka puasa disarankan mengkonsumsi makanan yang banyak serat dan vitamin, contohnya seperti buah dan sayur- sayuran.   Menggunakan lipcare Ketika sedang menjalankan puasa masalah yang paling sering terjadi adalah bibir kering dan bibir pecah-pecah, masalah ini bisa membuat wajah menjadi pucat. Lebih baik mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah dengan menggunakan pelembab bibir dibandingkan menggunakan lipstick. Karena pelembab bibir bukan hanya berfungsi untuk melindungi bibir tetapi juga bisa menjaga warna alami dari bibir, sehingga bibir akan tetap terlihat segar walaupun tidak menggunakan lipstick.   Konsumsi air yang cukup saat berbuka puasa dan sahur Ketika sedang berpuasa cairan tubuh harus tercukupi agar kulit tidak dehidrasi, dehidrasi dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Ketika tubuh mengalami dehidrasi kulit akan menjadi berkerut dan kering, sehingga akan membuat wajah menjadi lebih pucat. Konsumsi air yang cukup ketika sahur dan berbuka puasa.   Pakai blush on Cara lain agar wajah kita tidak terlihat pucat adalah dengan menggunakan blush on di wajah. Dengan menggunakan blush on wajah kita pasti akan menjadi lebih merona dan fresh. Aplikasian blush on secara tipis-tipis, jangan terlalu tebal karena akan membuat wajah menjadi tidak natural.   Baca juga: Tips Kecantikan Untuk Kulit Pucat Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang .
 10 May 2021    12:00 WIB
Puasa Bisa Mencegah Penuaan Dini, Bener Gak Sih?
Ketika bulan Ramadhan semua umat muslim wajib untuk berpuasa, puasa adalah sebuah praktik keagamaan. Berpuasa bisa bermanfaat untik kesehatan dan juga untuk kesehatan tubuh. Selama berpuasa 1 bulan tubuh kita menahan rasa lapar dan haus. Ternyata berpuasa juga bisa membantu membersihkan pikiran kita. Tetapi ada manfaat berpuasa yang lebih mengejutkan, puasa bisa mencegah penuaan dini loh! Selama berpuasa tubuh menetralisir sel-sel tubuh yang sudah rusak, jadi ingin tahu lebih lagi kan manfaat puasa untuk kecantikan? Simak penjelaan dibawah ini! Kulit menjadi lebih muda Saat berpuasa tubuh terdetokdifikasi sehingga mengeluarkan radikal bebas sebanyak 90%. Jadi secara alami produksi antioksidan tubuh akan meningkat hingga 15%. Fungsi dari antoksidan ini berfungsi untuk melindungi kerusakan sel kulit agar tetap awet muda.   Detoksifikasi Semua orang tentu tidak asing dengan proses detoksifikasi, jadi apa itu detoksifikasi? Detoksifikasi adalah sebuah proses untuk membersihkan racun yang ada didalam tubuh. Pembersihan racun dikeluarkan bertahap. Detoksifikasi bisa membuat tubuh kita menjadi lebih bersih dan segar.   Mencerahkan kulit Jika waktu berpuasa kita bisas menyelipkan perawatan kecantikan dan mengkonsumsi buah atau sayuran ketika sahur dan berbuka puasa, itu bisa membantu meregenerasi sel-sel yang rusak sehingga membuat kulit lebih cerah.   Meregenerasi sel didalam tubuh Ketika berpuasa tubuh kita mengalami perubahan, contohnya kulit yang lembab akan berubah menjadi kering dan kusam. Jika kamu mengalami hal seperti ini tenang saja, karena sel ditubuh kita akan mengalami regenerasi lebih cepat. Saat berbuka puasa dan sahur lebih baik mengkonsumsi makanan yang bergizi sehingga proses regenerasi sel lebih maksimal.   Metabolisme tubuh meningkat Saat tubuh menjalankan puasa, tubuh akan mengalami peningkatan kadar metabolit didalam darah, metabolit yang terdapat didalam tubuh contohnya leusin dan asam oftalmik akan mengalami penurunan ketika usia bertambah. Tetapi jika tubuh berpuasa metabolit tersebut akkan meningkat sehingga bisa membuat awet muda.   Baca juga: Luar Biasa, Ini 9 Manfaat Berpuasa Yang Buat Tubuh Makin Sehat  Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang
 07 May 2021    14:00 WIB
Tips Agar Tidak Boros Selama Bulan Puas
Ketika sedang bulan puasa orang-orang pasti berpikir akan hemat karena tidak perlu membeli makanan dan minuman, membeli makanan hanya waktu sahur dan waktu buka puasa. Banyak yang mengira kalau bulan puasa bisa menabung dan tidak boros. Tetapi justru kebalikannya, bulan puasa membuat sesorang menjadi lebih boros, hal ini di sebabkan karena banyak orang yang membeli keperluan yang tidak perlu. Banyak hal yang bisa membuat boros ketika puasa, contohnya membeli takjil berlebihan karena lapar mata, akhirnya tidak di makan. Nah biar gak jadi boros gimana ya caranya ? Simak tips dibawah ini! Jangan berbelanja ketika sedang lapar Saat sudah mau berbuka puasa seseorang pasti merasa sangat lapar, dan akhirnya ketika berbelanja menjadi ‘lapar mata’. Akibat dari ‘lapar mata’ meyebabkan seseorang membeli makanan yang terlalu berlebihan untuk dimakan ketika berbuka puasa. Karena membeli makanan terlalu banyak akhirnya makanan terbuang karena sudah terlalu kenyang. Jadi usahakan jangan membeli makanan ketika sedang lapar ya.   Masak dirumah Masak dirumah adalah salah satu solusi untuk berhemat, memasak dirumah pasti lebih hemat dan murah , selain itu masak dirumah sendiri lebih bersih dan higenis.   Hindari tempat perbelanjaan Saat sedang bulan Ramadhan pasti orang-orang akan berbelanja lebaran. Di tempat perbelanjaa biasanya ketika sedang bulan Ramadhan akan banyak diskon, nah barang diskon tersebut pasti akan membuat tergoda karena murah, akhirnya membeli barang tersebut. Berbelanja boleh dilakukan tetapi berbelanjalah dengan bijak dan sewajarnya saja.   Kurangi berbuka puasa bersama teman Biasanya ketika bulan puasa pasti banyak ajakan untuk buka puasa bersama, hal ini adalah salah satu alasan yang membuat boros ketika bulan puasa. Jika ingin berbuka puasa bersama teman tidak masalah, tetapi lebih baik memilih-milih ajakan berbuka puasa, jika menerima semua ajakan akan membuat kita mengeluarkan lebih banyak uang, akhirnya menjadi boros.   Buat daftar keuangan selama bulan puasa Membuat daftar pengeluar selama bulan puasa itu sangat penting, agar kita bisa mengetahui sudah berapa banyak mengeluarkan uang agar tidak berlebihan. Mengatir keuangan saat bulan sangat penting untuk dilakukan.   Baca Juga: Ingin Puasa Tetap Nyaman? Ikuti Tips Berikut Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.    
 06 May 2021    12:00 WIB
Tidak Ingin Gigi Menjadi Rusak Selama Bulan Puasa?
Kebersihan dan kesehatan gigi harus sangat dijaga, dengan menjaga kesehatan gigi bisa membuat gigi menjadi sehat dan terhindar dari sakit. Selama bulan puasa belum tentu gigi bersih karena tidak mengkonsumsi makanan dan minuman, justru ketika bulan puas mulut kita lebih beresiko menjadi kering sehingga beresiko menimbulkan bau mulut. Saat bulan puasa kesehatan gigi dan mulut harus dijaga lebih ekstra. Ketika setelah sahur terkadang kita tidak menyikat gigi, sehingga bisa menimbulkan bakteri memakan sisa makanan di mulut, akhirnya membuat kesehatan gigi dan mulut menjadi terganggu. Jadi bagaimana caranya agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga ketika sedang berpuasa? Simak tips dibawah ini ! Kumur dengan obat kumur Menggosok gigi bisa merawat Kesehatan gigi, tetapi tahukah kamu bahwa menggunakan obat kumur merupakan hal yang penting ketika sedang berpuasa. Fungsi obat kumur ini bisa membersihkan sisa makanan atau bakteri yang masih tersisa didalam mulut setelah menyikat gigi. Sebaiknya pilih obat kumar yang tidak memiliki kandungan alkohol. Usahakanlah rutin menggunakan obat kumur setelah sikat gigi setelah mengkonsumsi makanan ketika sahur.   Teratur menyikat gigi Menyikat gigi merupakan hal yang sangat penting, karena sikat gigi bisa mengindari bau mulut, selain itu sikat gigi secara teratur bisa merawat Kesehatan gigi. Usahakanlah sikat gigi minimal 2 kali sehari, lakukannya setelah makan sahur, dan makan buka puasa. Mneyikat gigi berfungsi untuk menghilangkan bakteri serta sisa makanan yang ada dimulut dan gigi.   Menggunakan dental floss Dental folss bisa membantu menghilangkan sisa makanan yang menempel di sela gigi. Selain itu dental folss bisa membersihkan plak dan tar-tar menempel di gigi atau disela-sela gigi, sehingga gigi bersih secara total. Dental floss sangat membantu untuk mengurangi bau mulut.   Hindari mengkonsumsi makanan yang manis dan dingin Mengkonsumsi makanan yang manis dan dingin pasti sangat mengoda ketika ingin berbuka puasa, tetapi tahukah kamu mengkonsumsi makanan yang manis dan dingin bisa berbahaya untuk kita. Karena makanan itu bisa merusak kesehatan gigi, makanan manis dan gigi bisa menyebabkan gigi menjadi ngilu.    Baca juga: Puasa Aman Untuk Si Pengidap Penyakit Kencing Manis Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.
 05 May 2021    14:00 WIB
Tips Pacaran Gak Bikin Batal Selama Puasa
 Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci yang penuh dengan berkah, selama satu bulan penuh umat muslim harus menjalankan ibadah puasa. Selama puasa banyak hal yang harus dipersiapkan seperti menjaga kesehatan, dan juga mengubah pola kebiasaan. Selama puasa seseorang diwajibkan untuk menahan rasa lapar dan haus, selama puasa juga harus menahan hawa nafsu kepada pasangan atau lawan jenis, contohnya kepada pacar, jika memiliki pacar lebih baik mengubah pola pacaran selama bulan puasa. Nah jadi tips apa saja sih yang bisa dilakukan selama puasa agar tidak membuat batal puasa? Simak kegiatan dibawah ini! Tarawih bersama Jika kamu takut untuk bertemu pasangan ketika sedang berpuasa karena takut tidak bisa menahan diri, maka bisa mengatur waktu untuk bertemu yaitu setelah buka puasa, ketika buka puasa pasti tidak ada kata batal puasa. Nah kamu bisa mengajak pasangan untuk salat Tarawih di masjid. Melakukan ibadah bersama pasangan hal yang positif yang perlu dilakukan.   Masak bersama Sebelum berbuka puasa pasti orang-orang sudah mulai mencari atau mempersiapkan makanan apa yang bisa dimakan untuk berbuka puasa. Nah kegiatan masak bersama boleh banget dicoba loh. Masak bersama bisa dilakukan sambil menunggu berbuka puasa agar tidak terasa lama.   Kurangi bermesraan Menahan hawa nafsu hal yang paling penting, lebih baik kurangi waktu bertemu pasangan ketika sedang berpuasa, nah dengan mengurangi waktu bertemu dengan pasangan bisa menghindari bermesra-mesraan.   Hunting takjil bersama Ketika sedang berpuasa pasti sangat banyak orang yang berjualan takjil, hunting takjil merupakan hal yang sangat seru dan boleh dicoba untuk dilakukan bersama pasangan. Kamu bisa mencari tempat yang banyak menjual takjil disekitar rumah.   Hindari pakaian terbuka Jangan menggunakan pakaian terbuka selama bulan puasa, karena memakai pakaian terbuka dapat memancing pasangan. Contohnya jangan memakai pakaian pendek atau pakaian yang seksi. Usahakanlah tampil menggunakan hijab ketika bertemu dengan pasangan agar tidak menganggu pasanganmu yang sedang berpuasa.   Baca Juga: Tidak Disangka Hal Ini Bisa Membatalkan Puasa Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.
 04 May 2021    14:00 WIB
Puasa Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental, Kok Bisa Ya?
Puasa merupakan hal yang wajib untuk dilakukan bagi umat islam. Selama puasa kita harus menahan hawa nafsu kita selama sebulan penuh. Selain  itu menjalankan puasa juga memiliki banyak manfaat loh! Bukan hanya untuk kesehatan fisik, tetapi puasa juga bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Nah jadi penasaran kan manfaat puasa untuk kesehatan mental apa aja sih? Simak manfaat berikut ini! Meningkatkan kualitas tidur Puasa bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang, orang yang berpuasa akan memiliki tidur yang lebih nyenyak tanpa terbangun tiba-tiba, hal ini akan terasa saat sudah menjalani puasa selama seminggu. Nah dengan memiliki kualitas tidur yang baik bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik loh.   Pikiran menjadi lebih tenang Ketika tubuh menjalankan puasa selama beberapa hari bisa memberikan dampak yang bagus untuk hormon endorfin yang diproduksi di darah. Nah ini sangat bagus untuk kesehatan mental kita. Karena ketika sedang berpuasa pikiran kita menjadi lebih tenang dan nyaman. Pikiran dapat mengontrol semua aktivitas yang akan dilakukan tubuh kita.   Mengurangi sifat agresif Ternyata puasa bisa mengurangi sifat agresif loh, rasa agresif bisasanya membuat kita menjadi lebih mudah untuk marah, dan juga membuat terobsesi terhadap sesuatu tanpa memperhatikan kemampuan kita. Sifat agresif ini memiliki kaitan dengan emosi negative yang terdapat pada diri seseorang. Rasa agresif akan muncul ketika kita merasa terancam. Nah ketika puasa perasaan kita akan menjadi tenang dan dapat mengurangi rasa emosi yang dirasakan.   Pikiran menjadi positif Disaat sedang bulan puasa biasanya umat islam melakukan kegiatan spiritualitas seperti melakukan ibadah, nah dengan melibatkan kegiatan keagamaan selama bulan puasa dapat mengubah pikiran seseorang menjadi lebih positif.   Mencegah depresi Puasa bisa mencegah agar tidak terjadi depresi, ketika sedang berpuasa tubuh mengeluarkan banyak hormon endorfin sehingga membuat seseorang merasa lebih tenang dan juga lebih bahagia. Dan juga ketika bulan Ramadan lebih banyak melakukan kegiatan keagamaan sehingga dapat mengurangi rasa depresi.   Baca Juga: Mengajari Anak Yang Masih Kecil Untuk Puasa Memang Tantangan. Yuk Atasi Dengan 5 Cara Ini Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.
 30 Apr 2021    14:00 WIB
Siapa Bilang Pandemi Covid-19 Gak Bisa Puasa?
Menunaikan ibadah puasa di tahun 2021 ini sangat berbeda dengan 2 tahun lalu, karena tahun ini kita harus menjalankan puasa di tengah pandemi Covid-19. Menjalankan puasa di tengah pandemi Covid-19 merupakan suatu tantangan, karena dikeadaan yang seperti ini kita harus bisa menjaga kesehatan agar tidak tertular virus corona, selain itu kita juga tetap harus tetap menjalankan ibadah puasa dan menahan rasa lapar kurang lebih 12 jam. Pada saat bulan Ramadhan virus Covid-19 ini sangat menjadi perhatian bagi umat muslim, ketika sedang berpuasa tubuh kita pasti kekurangan air dan gizi. Hal ini bisa dipenuhi dengan menjaga kesehatan dengan baik. Jadi bagaimana sih agar puasa kita tetap lancar selama pandemi Covid-19, dan tubuh kita tetap sehat? Simak tips berikut ini! 1.     Mengkonsumsi multivitamin Bagi yang orang berpuasa disaat sedang pandemi Covid-19  anjuran gizinya sama dengan anjuran gizi seimbang. Kebutuhan selama puasa harus terpenuhi dengan cara menjaga pola makan agar tetap seimbang. Disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung gula dan minyak berlebihan. Selain itu untuk memenuhi nutrisi disarankan mengkonsumsi multivitamin. Multivitamin yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan Kesehatan dan kondisi tubuh. Mengkonsumsi multivitamin bisa membantu meningkatkan imun dan memelihara kesehatan tubuh karena bisa mencegah virus ataupun bakteri.   2.     Aktif berolahraga Berolahraga waktu puasa bisa dilakukan, tetapi pilihlah waktu yang tepat untuk berolahraga, seperti sebelum berbuka puasa, kita bisa memilih olahraga yang ringan. Olahraga rutin bisa membantu membantu menjaga imunitas tubuh, usahakanlah untuk berolahraga 15-25 menit 3-5 kali seminggu. Olaharaga yang bisa dilakukan contohnya seperti yoga, jalan santai atau bersepeda.   3.     Penuhi nutrisi dan cairan dalam tubuh Mengkonsumsi makanan yang bergizi ketika sahur atau berbuka puasa merupakan hal yang sangat penting, dengan mengkonsumsi makanan begizi energi, vitamin dan mineral kebutuhan energi dan mineral didalam tubuh terpenuhi. Disarankan untuk menu sahur dan berbuka puasa adalah makanan yang mengandung karbohidrat yang befungsi untuk sumber energi. Fungsi protein adalah untuk menjaga daya tahan tubuh, sedangkan serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan ditubuh.   4.     Tetap di rumah Seperti yang kita ketahui pemerintah sudah menyarankan untuk menjalankan semua kegiatan dari rumah, seperti bekerja, ibadah bahkan sekolah. Biasanya Ramadhan biasanya dijalankan bersama keluarga terdekat, di saat pandemi Covid-19 menjaga imunitas menjadi tantangan tersendiri. Membatasi jarak dengan di rumah saja bisa membuat resiko terpapar virus corona menjadi kecil. Jika memang terpaksa harus keluar rumah, tetap lakukan protokol Kesehatan.   Baca Juga: Minum Air setiap 15 menit Apakah Bisa Melindungi Diri Dari COVID-19 ? Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang    
 29 Apr 2021    12:00 WIB
Insecure Mulut Bau Saat Puasa?
Permasalahan yang sering ditemukan ketika sedang berpuasa adalah bau aroma mulut. Hal ini bisa terjadi karena perut kosong dan akhirnya membuat asam lambung menjadi naik akhirnya menguap kerongga mulut. Selama puasa tubuh kita tidak makan atau minum apapun sehingga membuat mulut kita menjadi kering, dan akibatnya mulut tersebut membuat bakteri berkembang, bakteri tersebut peyebab utama dari bau mulut. Bagaimana cara menghilangkan bau mulut ketika sedang berpuasa? Simak tips ampuh dibawah ini! 1.     Gosok gigi teratur Menyikat gigi secara teratur dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut sehomgga bakteri di dalam mulut mati. Usahakanlah rajin menyikat gigi ketika sahur dan sebelum tidur di malam hari.   2.     Mengkonsumsi air yang cukup Saat sedang berpuasa kita seharusnya kita memenuhi cairan di tubuh kita. Ketika sahur atau buka puasa usahakanlah minum air putih yang banyak. Jika asupan cairan dalam tubuh terpenuhi air liur kita dapat mencegah perkembangan bakteri di mulut. Disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas saat sahur atau berbuka puasa.   3.     Konsumsi teh hijau Mengkonsumsi teh hijau bisa menghilangkan bau mulut, kenapa teh hijau bisa menghilangkan bau mulut? Karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan alami yaitu zat polyphenol yang dapat menghilangkan bakteri pada mulut.     4.     Konsumsi apel Apel ternyata dapat mencegah timbulnya bau mulut, karena di dalam apel mengandung polifenol yang bisa membantu menjaga kebersihan rongga mulut. Ketika kita kunyah apel, ternyata apel bisa membantu mengkonsumsi air liur yang bisa membersihkan mulut secara sendirinya. Disarankan mengkonsumsi apel ketika sahur.   5.     Membersihkan lidah Cara lain yang dapat dicoba adalah dengan membersihkan lidah, karena dengan membersihkan lidah kita bisa menjaga kesehatan mulut. Lidah merupakan tempat yang banyak bersarang bakteri, sehingga dapat menyebabkan bau mulut. Nah apa bila rajin menyikat gigi tetapi tidak membersihkan lidah, bakteri yang terdapat di gigi bisa pindah ke lidah. Jadi penting banget bukan untuk membersihkan lidah.   Baca juga: Tips Mencegah Bau Mulut Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang
 28 Apr 2021    14:00 WIB
Tips Tubuh Tetap Fit Selama Puasa
Puasa merupakan hal yang wajib dilakukan untuk umat muslim .Ketika sedang berpuasa tubuh kita tidak mengkonsumsi apa-apa dan juga terkadang aktivitas sehari-hari bisa bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah. Selain itu berpuasa berguna untuk detoksifikasi tubuh, tetapi jika kita tidak menjaga tubuh agar tetap sehat selama puasa, proses detoksifikasi tidak akan maksimal. Oleh karena itu kamu harus tetap menjaga pola makan sehat ketika sedang sahur dan buka puasa. Nah jadi pola makan apa saja sih yang harus dijaga selama puasa? Yuk simak tips dibawah ini ya! 1. Jangan konsumsi gorengan Makanan yang identik ketika sedang berpuasa adalah gorengan. Gorengan adalah hal yang wajib dikonsumsi untuk masyarakat Indonesia. Tetapi mengkonsumsi gorengan memiliki dampak buruk untuk tubuh, jika perut kita kosong lalu mengkonsumsi gorengan dapat membuat pencernaan didalam tubuh bekerja menjadi lebih berat.   2. Gizi dan kalori harus seimbang Jika ingin puasa menjadi maksimal, harus penuhi tubuh dengan kalori harian. Ketika puasa tubuh hanya makan dua kali. Jika ingin mengurangi kalori boleh tetapi jangan mengurangi sangat banyak. Ketika sedang berpuasa harus memiliki gizi yang seimbang.   3. Konsumsi buah dan sayur Buah dan sayur memiliki fungsi yang penting untuk tubuh. Ketika sedang perbanyak konsumsi sayur dan buah karena bisa membuat energi kita cukup untuk seharian. Karena buah dan sayur memiliki karbohidrat yang baik untuk tubuh yang bisa dicerna ditubuh, dan bisa membuat kita agar tidak mudah lapar.   4. Olahraga ringan Walaupun sedang berupuasa, usahakanlah untuk tetap olahraga. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar, olahraga ringan disarakan ketika sebelum berbuka puasa. Olahraga ringan yang dapat dilakukan adalah jalan santai atau bersepeda.   5. Beristirahat yang cukup Tubuh kita memerlukan waktu yang cukup untuk istirahat. Disarankan untuk tidak melakukan aktivitas yang memerlukan banyak tenaga, usahakanlah jangan stress agar kondisi kita tetap bugar. Karena ketika sedang berpuasa, kita harus bangun lebih awal untuk sahur.   Baca Juga: Ingin Puasa Tetap Nyaman? Ikuti Tips Berikut Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.
 27 Apr 2021    12:00 WIB
Tidak Ingin Mengantuk Saat Puasa? Coba Tips Ini!
 Disaat sedang pandemic seperti ini kebanyakan orang menjalankan puasa dirumah, dan lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Karena tidak banyak aktivitas dirumah dapat membuat kita lebih mudah untuk mengantuk. Kenapa orang lebih mudah mengantuk ketika puasa? Karena ketika berpuasa tubuh biasanya menjadi lebih lemas sehingga menyebabkan rasa kantuk. Jadi bagaimana cara menghilangkan rasa kantuk ketika sedang berpuasa? Simak tips dibawah ini! 1.     Beribadah Ibadah adalah cara paling ampuh untuk melawan rasa kantuk, beribadah juga merupakan hal yang paling penting ketika sedang berpuasa. Jangan sampai melupakan salat agar mendapatkan pahala berlimpah. Ketika akan beribadah kita pasti akan wuduh terlebih dahulu, dengan air wuduh yang segar ketika membasuh wajah akan menghilangkan rasa kantuk juga.   2.      Berjalan kaki Jika ingin menghilangkan rasa kantuk, kamu boleh mencoba berjalan disekitar rumah atau halaman rumah, kalau kamu sedang berada di kantor, kamu bisa coba dengan berjalan mengelilingi ruangan kantor. Dengan adanya gerakan tubuh dapat memompa oksigen ke pembuluh darah otak. Biasanya rasa kantuk muncul karena otak kekurangan pasokan oksgien.   3.     Mencari aktivitas Rasa kantuk bisa timbul karena rasa lelah atau rasa bosan. Ketika tidak melakukan  aktivitas lama kelamaan akan membuat rasa bosan akhirnya menjadi mengantuk. Nah solusinya adalah dengan cara menyibukan diri dengan aktivitas yang bermanfaat. Contohnya membersihkan rumah, atau mengikuti seminar dari rumah.   4.     Tarik napas dalam-dalam Ketika sedang berpuasa kita pasti menjadi malas untuk beraktivitas, nah kalian harus mencoba menarik napas dalam-dalam, agar oksigen bisa masuk kedalam tubuh dan bisa menyegarkan pikiran dan menambah oksigen didalam tubuh, jadi bisa memicu otak kita. Coba dengan cara berdiri atau duduk lalu tempelkan telapak tangan kalian keperut, setelah itu Tarik nafas melalui  hidung dalam-dalam, dan hembuskan pelan-pelan melalui mulut. Lakukan aktivitas ini diluar ruangan, jangan diruangan yang ber AC.   5.     Buka jendela rumah Cobalah buka jendela rumah kamu agar sinar matahari dan udara bisa masuk kedalam rumah, karena jika jendela tertutup dapat membuat ruangan menjadi gelap, suasana gelap akan membuat suasana menjadi mengantuk. Dengan suasana yang terang dan segar akan membuat kamu menjadi tidak mengantuk.   Baca juga: Tips Untuk Tetap Terjaga di Saat Lelah dan Mengantuk Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.