Your browser does not support JavaScript!
Vaksin Hpv Mampu Cegah Kanker Serviks Makin Parah?
Vaksin HPV Mampu Cegah Kanker Serviks Makin Parah?

Seperti yang Kita ketahui ada semboyan yang mengatakan "Mencegah lebih baik dari pada mengobati". Hal ini juga berlaku untuk mencegah terjadinya risiko kanker. Penyakit Kanker yang sering dialami wanita adalah kanker payudara dan kanker serviks (kanker leher rahim). Namun dewasa ini masih banyak wanita yang enggan memeriksakan diri ke dokter kandungan, kendati sudah memiliki berbagai keluhan.

Padahal, bila seorang wanita yang benar mengalami kanker serviks dan hal ini dibiarkan tanpa pengobatan maka akan menjadi semakin ganas.

Di Indonesia, setiap harinya 40-45 perempuan terdiagnosis kanker serviks dan 20-25 diantaranya meninggal karenanya. Dampak yang dapat ditimbulkan kanker serviks pada perempuan sangat banyak, dikarenakan kasus kanker serviks terbanyak muncul pada saat perempuan berada dalam usia produktif yaitu antara 30-50 thn.

Dampak ini diantaranya gangguan kualitas hidup psikis, fisik dan kesehatan seksual, Dampak sosial dan ekonomi (finansial), Pengaruh pada perawatan, pendidikan anak dan suasana kehidupan keluarga. Dalam 99% kasus, kanker serviks terjadi sebagai akibat dari riwayat infeksi dengan jenis risiko tinggi HPV. Seringkali, infeksi HPV tidak menimbulkan gejala. Sehingga sulit untuk dibedakan penderita yang terinfeksi dan keadaan normal. Biasanya baru bergejala saat kanker serviks sudah memasuki stadium akhir.

 Apakah seseorang yang sudah terkena infeksi HPV perlu diberikan vaksin HPV?

Sebaiknya vaksin ini diberikan sebelum seseorang mengalami kanker serviks, namun berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa vaksin HPV aman bagi wanita yang sudah terkena infeksi HPV. Tetapi wanita-wanita ini tidak akan mendapat manfaat yang penuh dari vaksin ini. Vaksin ini tidak dapat mengobati infeksinya, tetapi dapat melindungi wanita terhadap 4 jenis virus yang belum tentu diderita semuanya secara sekaligus. Jadi, jika sebelumnya seorang wanita belum terkena infeksi oleh sebagian jenis virus yang ada dalam vaksin, maka dia akan diproteksi terhadap sebagian jenis virus yang belum pernah dideritanya.

Sebelum kanker serviks mengegrogoti kesehatan Anda, lakukan pencegaham sedini mungkin seperti berhubungan intim yang sehat, tidak berganti-ganti pasangan dan menjaga pola hidup sehat dan melakukan vaksinasi untuk pencegahan kanker serviks.

 Baca juga: Waspada gejala-gejala kanker serviks

 Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur https://dokter.id/tanya-dokter"> Tanya dokter sekarang

 Sumber: anakui

Dipo Hartono
Aug 22  -  2 min read