Your browser does not support JavaScript!
Turunkan Berat Badan Anda Dengan Konsumsi Sayur!
Turunkan Berat Badan Anda Dengan Konsumsi Sayur!

Serat ternyata tidak hanya dapat membantu memperlancar proses pencernaan Anda. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa serat dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus yang juga dapat membantu menurunkan berat badan.

 

Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, sebagian besar penduduk Amerika tidak mengkonsumsi cukup serat setiap harinya, walaupun berbagai penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa konsumsi cukup serat setiap harinya dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar, diabetes tipe 2, dan berbagai penyakit lainnya.

 

Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa 20 orang pria sehat yang mengkonsumsi suplemen polidekstrosa dan serat larut air setiap harinya mengalami peningkatan jumlah bakteri baik di dalam usus, yang juga lebih banyak dimiliki oleh orang bertubuh langsing.

 

Pada usus, bakteri dapat melakukan banyak hal berbeda seperti mencerna protein, karbohidrat, atau berbagai zat lainnya. Saat ini, para peneliti telah berhasil mengidentifikasi apa jenis bakteri usus tersebut dan perubahan apa saja yang terjadi akibat makanan tertentu. Akan tetapi, saat ini para peneliti sedang menyelidiki apakah mereka dapat mengubah cara kerja atau fungsi bakteri baik ini.

 

Serat merupakan salah satu hal yang juga dapat mempengaruhi jumlah bakteri baik di dalam usus tersebut, terutama bila dikombinasikan dengan gandum, buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Hal ini berarti bahwa apa yang Anda makan ternyata dapat mempengaruhi bakteri di dalam usus Anda.

 

Jadi, berapa banyak serat sebenarnya yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya? Para ahli menganjurkan agar setiap orang mengkonsumsi setidaknya 25-38 gram serat setiap harinya.

 

 

Sumber: womenshealthmag

Eko Siswanto
Apr 01  -  2 min read