Your browser does not support JavaScript!
Tips Untuk Menjaga Berat Badan Saat Hamil
Tips Untuk Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Hamil biasanya menjadi alasan sempurna untuk sang ibu untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan favorit mereka tanpa perlu merasa bersalah. Lagipula Anda kan makan untuk 2 orang bukan? Akan tetapi, bagaimana jadinya bila Anda menjadi gemuk? Apakah berat badan Anda bisa kembali seperti sebelum hamil dulu?

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang dapat membantu menjaga agar berat badan Anda tidak naik secara berlebihan selama hamil.

 

Anda Memang Makan Untuk 2 Orang, Tapi…

Memang benar bahwa hamil berarti bahwa Anda harus makan untuk Anda dan bayi Anda. Akan tetapi, Anda sebenarnya hanya perlu 20 gram protein tambahan dan 300 kalori tambahan. Selain kalori dan protein, tubuh Anda juga memerlukan berbagai nutrisi penting lainnya seperti asam folat, vitamin B12, dan kalsium.

Beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk mendapatkan protein dan kalori tambahan adalah kacang, susu, sereal, telur, dan yogurt. Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi bayam karena mengandung banyak asam folat dan daging merah karena mengandung zat besi.

Makan berlebihan saat hamil dapat menyebabkan terjadinya obesitas dan berbagai komplikasi kehamilan lainnya seperti tekanan darah tinggi dan diabetes gestasional pada trimester ketiga, serta membuat persalinan harus dilakukan melalui operasi Caesar. Akan tetapi, bila Anda tidak mengalami peningkatan berat badan yang cukup, Anda dapat mengalami persalinan prematur.

 

Hindari Junk Food, Alkohol, dan Makanan Berlemak

Junk food seperti keripik kentang, es krim, biskuit, kue, dan gorengan biasanya mengandung sangat banyak garam dan gula. Hindari juga krim, keju, mayonnaise, dan makanan yang digoreng. Berbagai makanan ini dapat membuat Anda mengalami peningkatan berat badan yang berlebihan selama hamil.

Hindari juga minuman beralkohol karena dapat menyebabkan kelainan bawaan dan gangguan belajar pada anak. Jus buah dan minuman bersoda juga mengandung banyak sekali gula dan hanya memberikan kalori kosong.

Anda sebenarnya boleh saja mengkonsumsi berbagai makanan di atas, tetapi hanya sesekali dan batasi porsinya.

 

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah segar dan sayuran mengandung sangat sedikit kalori, tetapi banyak nutrisi penting. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran Anda.

 

Baca juga: Tips Tidur Nyenyak Selama Kehamilan

 

Buat Sendiri Makan Siang Anda

Seringkali wanita hamil merasa terlalu lelah untuk memasak makanannya sendiri. Jadi, bila pagi hari Anda sulit bangun pagi, buatlah makan siang Anda malam sebelumnya dan panaskanlah di pagi hari. Makanan yang Anda masak sendiri di rumah akan lebih sehat daripada makan di luar.

 

Tetap Berolahraga

Berolahraga selama hamil sebenarnya boleh-boleh saja, akan tetapi jangan berlebihan. Beberapa pilihan olahraga yang baik adalah berjalan kaki dan berenang. Olahraga dapat membantu mengatasi nyeri pinggang dan sembelit, serta dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Berkonsutasilah dengan dokter spesialis kandungan Anda mengenai olahraga apa saja yang boleh Anda lakukan.

 

Pilih Makanan Anda Dengan Bijaksana

Saat Anda ingin makan sesuatu, pilihlah dengan bijak. Sebisa mungkin pilihlah makanan yang sehat, yang bermanfaat bagi kesehatan Anda dan bayi Anda.

 

Terima Perubahan yang Terjadi

Mengalami peningkatan berat badan merupakan hal yang normal selama hamil dan bahkan penting bagi kesehatan bayi Anda. Anda dapat berusaha untuk menurunkan berat badan tersebut setelah bayi Anda lahir. Akan tetapi, jangan membuat diri Anda sendiri stress mengenai bagaimana cara menurunkan semua berat badan yang naik segera setelah melahirkan. Prioritaskanlah anak dan keluarga Anda.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: momjunction

Oct 14  -  5 min read