Your browser does not support JavaScript!
Tips Untuk Meningkatkan Kadar Testosteron
Tips Untuk Meningkatkan Kadar Testosteron

1.      Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat mempengaruhi berbagai hormon dan zat kimia tubuh lainnya, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kadar kolesterol anda. Tidurlah setidaknya 7-8 jam setiap harinya. Bila anda mengalami kesulitan tidur, hubungi dokter anda untuk memperoleh penanganan segera.

 

2.      Jaga Berat Badan

Pria dengan berat badan berlebih atau mengalami obesitas seringkali memiliki kadar testosteron yang rendah. Menurunkan berat badan dapat membantu meningkatkan kadar hormon testosteron. Demikian pula pada pria dengan berat badan kurang, meningkatkan berat badan anda hingga mencapai berat badan ideal dapat mempengaruhi keseimbangan hormon anda.

 

3.      Tetap Aktif

Testosteron dapat beradaptasi pada kebutuhan tubuh anda. Bila anda jarang beraktivitas, maka otak akan mengirimkan sinyal bahwa tubuh anda tidak membutuhkan hormon testosteron dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, bila anda tetap aktif maka otak anda akan mengirimkan pesan yang sebaliknya.

Satu hal yang perlu diingat bahwa, olahraga dan tetap aktif baik bagi kesehatan anda dan juga dapat meningkatkan kadar hormon testosteron di dalam tubuh anda, akan tetapi olahraga secara berlebihan justru dapat menurunkan kadar testosteron.

 

4.      Atasi Stress

Rasa stress yang terus-menerus dapat mengganggu keseimbangan hormon stress yaitu kortisol, yang pada akhirnya dapat menurunkan produksi testosterone. Untuk mengurangi stress, dianjurkan agar anda mengurangi lembur dan habiskanlah setidaknya 2 jam untuk melakukan kegiatan yang anda sukai selain bekerja dan berolahraga, seperti membaca buku atau hal lainnya yang anda sukai.

 

5.      Obat-obatan dan Suplemen

Terdapat beberapa obat-obatan yang dapat menurunkan kadar testosterone, seperti:

  • Obat golongan opioid
  • Obat golongan glukokortikoid
  • Steroid anabolik yang sering digunakan untuk meningkatkan massa otot dalam waktu singkat

Bila anda sedang menggunakan obat-obat tertentu, jangan langsung menghentikan penggunaan obat tersebut sebelum berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.

Para ahli biasanya tidak menyarankan anda untuk mengkonsumi berbagai suplemen yang diduga dapat meningkatkan kadar testosteron, karena biasanya hanya dapat sedikit meningkatkan kadar testosteron anda.

 

Sumber: webmd

 

Editor Dokter.id
Jan 31  -  2 min read