Your browser does not support JavaScript!
Tips Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan
Tips Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Jika setelah melahirkan mengalami rambut rontok itu merupakan hal yang wajar, hal ini banyak dialami oleh wanita setelah melahirkan. Rata-rata wanita hampir kehilangan 100 helai rambut sehari. Hal ini terjadi karena fluktuasi hormon kerontokan ini akan terjadi sekitar 24 minggu hingga 18 bulan, kerontokan ini tidak bisa dicegah. Tetapi jangan khawatir ya, rambut rontok setelah melahirkan bisa dirawat loh.

Nah jadi bagaimana sih mengatasi kerontokan pada rambut setelah melahirkan? Simak tips dibawah ini!

  • Cuci rambut secara lembut

Ketika rambut sedang mengalami kerontok, jangan terlalu sering keramas, keramas jika hanya diperlukan saja dan ingat lakukan dengan lembut dan pelan. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner dan sisir untuk mengurangi kerontokan.

 

  • Konsumsi suplemen

Rambut juga memiliki suplemen untuk penumbuh rambut yang bisa menjadi alternatif mengatasi kerontokan pada rambut setelah melahirkan. Coba konsumsi suplemen biotin (B7) untuk memperkuat folikel agar rambut tidak rontok. Multivitamin bisa melengkapi gizi.

 

  • Potong rambut

Untuk mengurangi kerontokan yang terjadi pada rambut cobalah untuk memotong rambut. Dengan memotong rambut membuat ibu yang baru melahirkan tidak perlu mengikat rambut lagi, sehingga rambut tidak mudah rontok.

 

  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Usahakan tidak menggunakan gaya rambut yang bisa menambah tekanan pada akar rambut. Contohnya mengikat rambut terlalu kencang.

 

  • Jangan menggunakan alat pemanas rambut

Lupakan untuk menggunakan pengering pengeriting bahkan sampai pelurus rambut. Tunda menggunakan alat-alat ini karena bisa membuat rontok rambut menjadi berlebihan.

 

Baca juga: 8 Langkah Kembali Langsing Pasca Melahirkan

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

 

Dipo Hartono
Jun 11  -  2 min read