Your browser does not support JavaScript!
Ternyata Tubuh Anda Hanya Bisa Menangani Gula Dalam Jumlah Terbatas
Ternyata Tubuh Anda Hanya Bisa Menangani Gula Dalam Jumlah Terbatas

Masalah utama yang berhubungan dengan gula, adalah kenyataan bahwa hati Anda memiliki kapasitas yang sangat terbatas untuk mencernanya. Menurut Dr Lustig, tubuh Anda dapat dengan aman memetabolisme sekitar enam sendok teh gula tambahan per hari.

Kelebihan gula dalam tubuh akan dimetabolisme menjadi lemak tubuh dan dapat menimbulkan terjadinya penyakit metabolik kronis seperti:

  • Diabetes (kencing manis) tipe 2
  • Penyakit jantung
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Gangguan memori
  • Kanker

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA, seseorang yang mengkonsumsi gula dan makanan lain yang mengandung gula sekitar 21 persen atau lebih dari kalori harian mereka memiliki risiko dua kali lebih tinggi meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi gula dan makanan lain yang mengandung gula sekitar tujuh persen atau kurang dari jumlah kalori harian mereka

Satu sendok teh gula setara dengan empat gram gula. Selain itu konsumsi gula dan makanan lain yang mengandung gula juga akan menyumbang jumlah gula yang Anda konsumsi setiap hari seperti gula dari buah. Sebaiknya Anda membatasi konsumsi gula setiap hari sekitar 25 gram yang setara dengan lebih dari enam sendok teh gula per hari.

Apabila Anda memiliki gangguan insulin atau leptin (kelebihan berat badan, diabetes, tekanan darah tinggi, atau konsumsi obat statin), sebaiknya Anda membatasi konsumsi gula hanya sekitar 15 gram per hari.

Sumber: articlesmercola

Editor Dokter.id
Feb 10  -  2 min read