Your browser does not support JavaScript!
Terapi Magnet Membantu Mengatasi Bekuan Darah Lebih Cepat, Benarkah?
Terapi Magnet Membantu Mengatasi Bekuan Darah Lebih Cepat, Benarkah?

Sebuah pengobatan stroke baru yang terdiri dari partikel magnet yang berukuran sangat kecil (nano) telah terbukti dapat menghancurkan bekuan darah di dalam otak 100-1.000 kali lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan bekuan darah lainnya. Obat ini biasanya dimasukkan ke dalam tubuh penderita stroke melalui pembuluh darah (disuntikkan).

Obat baru ini pun menjadi sangat populer karena dapat memberikan kemajuan yang sangat pesat pada pencegahan berbagai penyakit serius seperti stroke, serangan jantung, emboli paru, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh adanya bekuan darah yang merusak jaringan dengan cukup berat dan menyebabkan terjadinya kematian.

Para peneliti yang menemukan obat ini mendesain partikel nano di dalam obat tersebut agar mereka dapat “tersangkut” pada bekuan darah sehingga obat penghancur bekuan darah (tPA atau tissue plasminogen activator) pun dapat bekerja secara maksimal di tempat yang diperlukan.

Para peneliti melapisi obat ini dengan albumin, sejenis protein yang memang dapat ditemukan di dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh pun tidak akan menyerang partikel nano (oksida besi) di dalamnya.

Para dokter pun menyambut baik obat stroke baru ini karena adanya partikel nano di dalamnya membuat obat tersebut bekerja tepat sasaran sehingga dosis obat yang diperlukan pun menjadi lebih rendah.

Sebenarnya, tPA dan obat lain sejenisnya cukup efektif untuk menolong para penderita, akan tetapi karena obat ini dimetabolisme dengan cepat di dalam tubuh, maka dokter pun harus memberikan dosis yang lebih tinggi agar obat dapat bekerja dengan efektif. Pemberian dosis obat-obatan ini pun membutuhkan perhatian lebih karena dapat menyebabkan terjadinya perdarahan, yang juga dapat membahayakan jiwa penderita.

 

Sumber: newsmaxhealth

Editor Dokter.id
Mar 11  -  2 min read