Your browser does not support JavaScript!
Tempat Paling Kotor Di Rumah Anda
Tempat Paling Kotor di Rumah Anda

Peringatan: kemungkinan setelah Anda membaca artikel ini Anda pasti ingin segera mencuci tangan Anda. Artikel ini akan menginformasikan kepada Anda dimana tempat di rumah yang paling senang ditinggali oleh kuman.

Fakta mengenai kuman:

  • Kuman bisa tinggal di rumah Anda. Pada kondisi optimal, bakteri dapat membelah diri setiap 20 menit, dan dapat menyebar dengan cepat.
  • Kuman dapat membuat Anda sakit. Imunitas tubuh Anda mampu melindungi tubuh Anda melawan berbagai mikroorganisme seperti kuman. Tetapi berbagai jenis kuman dan beberapa jenis virus mampu bermutasi hingga tubuh tidak bisa dikenali oleh tubuh.
  • Sangat mudah untuk membuat rumah tampak bersih. Sabun, pemutih, cairan disinfektan merupakan senjata untuk melawan mikroorganisme yang hidup di rumah.

Dapur

Handuk lap dan spons merupakan benda yang paling kotor di dapur karena kedua benda ini selalu dalam kondisi lembab dan kita sering menggunakannya untuk membersihkan berbagai tempat dan benda. Tempat cuci piring juga merupakan tempat terkotor di dapur, karena disitulah tempat Anda membersihkan segala sesuatu sehabis mememasak atau sehabis makan dan juga Anda harus bolak balik menyalakan dan mematikan air. Tempat lain banyak ditinggali kuman adalah pintu kulkas dan pegangan lemari.

Kenop, pegangan, saklar

Seberapa sering Anda melewatkan kenop, pegangan, saklar dan tidak membersihkannya? Seminggu sekali bersihkanlah kenop, pegangan pintu dan saklar menggunakan lap yang mengandung desinfektan, dan jangan gunakan lap yang sama pada beberapa tempat, gantilah dengan yang baru untuk membersihkan tempat yang lain.

Tas make up

Aplikator make up seperti kuas, spons ternyata juga menjadi tempat tinggal mikroorganisme. Mikroorganisme yang hidup di tas makeup bisa menyebabkan infeksi kulit dan mata. Secara teratur bersihkanlah tas makeup Anda dan juga bersihkan aplikator makeup Anda dengan alkohol.

Tempat cucian kotor

Cucian yang basah yang dibiarkan di mesin cuci walaupun hanya sebentar merupakan tempat tinggal potensial untuk kuman. Segera pindahkan pakaian yang sudah dicuci ke alat pengering segera. Jika cucian tertinggal lebih dari 30 menit maka Anda harus mencuci ulang.

Peralatan kantor dan elektronik

Rata-rata meja kantor memiliki 400 kali bakteri lebih banyak dibandingkan kursi toilet. Tidak mengejutkan karena kursi toilet dibersihkan dengan teratur, sedangkan remote control, keyboard komputer, telepon genggam dan gadget lainnya lebih banyak disentuh dibandingkan kursi toilet, tetapi lebih jarang dibersihkan.

Kamar mandi

Toilet, shower, bak mandi, dan tempat cuci tangan merupakan salah salah satu tempat paling kotor di rumah karena merupakan tempat orang membersihkan diri secara reguler dan bergantian. Gunakanlah sikat gigi lama untuk membersihkan saluran air dan keran. Perhatikan juga lantai dan toilet, dan juga wadah tempat menyimpan sikat gigi.

 

Sumber: healthline

Dipo Hartono
Aug 03  -  3 min read