Your browser does not support JavaScript!
Tanda Anda Melakukan Olahraga Terlalu Banyak
Tanda Anda Melakukan Olahraga Terlalu Banyak

Berolahraga tentu sangat baik untuk kesehatan Anda, tetapi terlalu banyak melakukan olahraga justru dapat melemahkan tubuh dan pikiran Anda. Jadi bagaimana Anda bisa tahu jika Anda sudah melakukan olahraga yang berlebihan? Berikut adalah 7 tanda Anda sudah melakukan olahraga yang berlebihan.

  • Anda merasa kelelahan sepanjang waktu

Pola latihan yang baik akan membuat tubuh Anda terasa segar dan tubuh juga akan terasa lebih berenergi juga memiliki staminayang cukup untuk melakukan aktivitas harian. Tetapi jika Anda merasa kelelahan dan kekurangan energi, kemungkinan hal tersebut adalah tanda Anda melakukan olahraga secara berlebihan.

  • Anda mudah terganggu dan bingung

Bersamaan dengan munculnya kelelahan fisik maka mental Anda juga akan merasa kelelahan. Ketika tubuh Anda lelah dan stress, tubuh akan melepaskan hormon stress yang memicu terjadinya perubahan mood. Jadi jika Anda merasa mudah terganggu, cepat marah, depresi dan kebingungan, maka ini adalah tanda Anda untuk mendengarkan tubuh Anda dan beristirahat.

  • Kemampuan Anda menurun

Penurunan performa saat melakukan latihan rutin merupakan indikasi bahwa tubuh Anda sudah digunakan secara berlebihan.

  • Kehilangan motivasi untuk berolahraga

Ketika olahraga sudah melampaui kemampuan fisik, maka olahraga menjadi aktivitas yang tidak menyenangkan lagi. Jika hal ini terjadi maka Anda harus segera mengganti jenis olahraga Anda. berolahraga secara berlebihan, stress dapat membuat Anda kehilangan motivasi untuk melakukannya kembali.

  • Anda sering mengalami kram otot dan nyeri otot

Jika Anda menyadari bahwa Anda sangat sering mengalami nyeri otot dan kram otot lebih dari biasanya maka ini adalaha tanda tubuh Anda membutuhkan istirahat. Dengan meneruskan olahraga dapat memperburuk kondisi Anda.

  • Tubuh Anda memerlukan waktu lebih banyak untuk pulih

Jika tubuh Anda memerlukan lebih banyak waktu untuk pulih misalnya dari kram otot dan nyeri otot maka ini adalah tanda Anda harus berhenti berolahraga.

  • Anda sering jatuh sakit

Secara jangka panjang olahraga berlebihan dapat merusak sistem imunitas tubuh karena sistem imunitas menjadi lemah disebabkan oleh stress fisik dan kelelahan mental.

 

Jika tubuh Anda berusaha memberitahu Anda untuk berhenti maka dengarkanlah dan berhenti berolahraga. Segala sesuatu yang terlalu berlebih akan berakibat buruk, pada kasus ini berhubungan dengan olahraga.

 

Sumber: magforwomen

Eko Siswanto
Jan 13  -  3 min read