Your browser does not support JavaScript!
Solusi Mengatasi Rasa Kehilangan
Solusi Mengatasi Rasa Kehilangan

Dalam kehidupan, tentu kamu akan merasakan kehilangan atas seseorang maupun hal yang kamu cintai. Kehilangan ini bisa terjadi dengan kehilangan selamanya atau meninggal dunia, maupun seperti putusnya hubungan. Ini kerap disebut dengan health grieving.

Dalam situasi seperti ini, seseorang kerap tidak dapat mengontrol perasaan mereka yang sedang tak stabil. Merasa sedih dalam kehilangan merupakan hal yang wajar, namun apabila terus berlarut jelas akan membuahkan sebuah masalah kejiwaan yang dapat berdampak serius. 

Bagaimana cara melakukan health grieving?

 

  • Berikan waktu pada diri sendiri
    Tidak ada batasan untuk bersedih dalam proses kehilangan seseorang atau suatu hal. Ada masanya untuk kamu dapat merasa marah, sedih, takut, dan perasaan lainnya yang akan kamu rasakan selama proses healing. Yang kamu perlu yakinkan bahwa semua perasaan tersebut sebagai proses pemulihan kesehatan mental dan jiwa kamu.

  • Cintai diri sendiri
    Self-love atau bentuk mencintai diri sendiri merupakan proses yang cukup sulit untuk dilakukan ketika diri sedang tak stabil. Kamu perlu tahu, merasa bersalah pun menjadi proses dalam penyembuhan diri. Kamu perlu menyayangi diri sendiri dan jangan biarkan masa lalu mengambil alih masa depan kamu. 

  • Lakukan coping mechanism
    Coping mechanism adalah bagaimana tindakan yang kamu lakukan untuk mengatasi situasi seperti trauma atau stres. Ada banyak cara untuk lakukan coping mechanism, seperti salah satunya adalah aktif dalam berolahraga. 


Kerap disamaartikan, nyatanya depresi dan perasaan berduka merupakan dua situasi yang berbeda. Hal ini ditandai dengan perbedaan pada depresi sebagai berikut:

  • Rasa bersalah yang berlebihan akibat dari kehilangan sosok yang dicintai
  • Tidak dapat berkonsentrasi
  • Hilang percaya diri
  • Penambahan atau penurunan berat badan
  • Ada pikiran untuk bunuh diri

Bersedihlah secukupnya, ya!

Edwin Suryana
Oct 11  -  2 min read