Your browser does not support JavaScript!
Soal Investasi, Perempuan Bisa Ungguli Kaum Pria
Soal Investasi, Perempuan Bisa Ungguli Kaum Pria

Investasi kerap dilakukan kaum pria ketimbang perempuan, karena adanya sifat keraguan yang dimiliki perempuan. Namun, bila perempuan memilih investasi, ia bisa mengungguli pria. Apa alasannya?

Menurut Lorna Kapusta, kepala investor perempuan dan customer engagement di Fidelity, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan investasi, alasan pertama dari unggulnya perempuan dalam berinvestasi disebabkan oleh nilai investasi yang dilakukan oleh perempuan jauh lebih sedikit dibandingkan apa yang diinvestasikan oleh laki-laki. Hal ini memberikan mereka kesempatan untuk bertahan lama dalam pasar yang rendah dan menghindari adanya biaya tambahan. 

Disadur dari Forbes, alasan lain perempuan lebih unggul dalam berinvestasi adalah karena perempuan memiliki banyak waktu untuk melakukan riset terhadap pilihan dari pasar investasi yang akan dipilihnya. Perempuan juga cenderung mengambil risiko di dalam batas yang wajar ketimbang dengan laki-laki. 

Berdasarkan riset dari Fidelity, perempuan cenderung bisa mencapai diversifikasi yang dapat membantu melindungi uang mereka, terlepas dari keadaan pasar. "Perempuan cenderung lebih tenang dibandingkan pria di pasar bawah," tutur Marissa Greco, Financial Planner di Greco-Nader Wealth Navigation. 

Langkah yang kerap diabaikan oleh para investor laki-laki dan digunakan oleh investor perempuan adalah memulai untuk menentukan peraturan terkait kapan dan alasan mengapa kamu ingin membeli dan atau menjual sebuah investasi. 

Dalam langkah ini juga, menentukan parameter sebelumnya dapat menentukan kamu untuk mengarahkan pasar secara bebas, dibandingkan memberi reaksi kepada kabar akan keuangan yang memusingkan. 

Digital Dokterid
Oct 29  -  2 min read