Your browser does not support JavaScript!
Siapakah Yang Paling Membutuhkan Vitamin?
Siapakah Yang Paling Membutuhkan Vitamin?

Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak mampu dihasilkan oleh tubuh. Namun apakah kita benar-benar membutuhkan vitamin. Seringkali beberapa perusahaan mengklaim produknya merupakan vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh.

 

Vitamin memang diperlukan oleh tubuh namun ada beberapa kelompok yang paling membutuhkan vitamin yaitu:

  • Wanita Hamil 

Wanita hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin. Yaitu vitamin B6 dan B12, serta asam folat, untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin yang dapat membahayakan janin yang sedang berkembang. Asam folat dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir, seperti spina bifida, dan juga dapat mencegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah

  • Wanita yang mempersiapkan untuk hamil

Apabila Anda sedang mempersiapkan diri untuk hamil, maka Anda perlu mengkonsumsi asam folat

  • Vegetarian

Seorang vegetarian mungkin memerlukan tambahan vitamin B12 atau perlu memastikan bahwa makan-makanan yang dimakan kaya dengan vitamin B12. Apabila Anda seorang vegetarian yang tidak mengkonsumsi susu, telur, ikan atau daging. Anda kemungkinan berisiko kekurangan vitamin A. Disarankan untuk banyak konsumsi buah dan sayuran berwarna. Selain itu pastikan Anda cukup mendapatkan zinc

  • Orang yang lebih tua

Untuk wanita yang lebih tua dan orang-orang yang menghindari terkena sinar matahari mungkin memerlukan tambahan suplemen vitamin D. Namun penting untuk dicatat bahwa vitamin D dapat berbahaya apabila dikonsumsi dalam jumlah besar. Sehingga pastikan jumlah asupan vitamin D Anda setiap hari tidak melebihi batas yang diperlukan. Kecuali atas saran dokter.

 

Selain itu orang yang lebih tua biasanya mengalami kekurangan vitamin B, yang penting untuk membantu fungsi pencernaan dan fungsi metabolisme tubuh.

 

Orang dewasa yang lebih tua juga mungkin kekurangan vitamin B, yang memainkan peran penting dalam pencernaan dan fungsi metabolisme. 

 

 

Sumber: healthline

Eko Siswanto
May 21  -  2 min read