Your browser does not support JavaScript!
Seperti Ini Cara Cepat Menghilangkan Memar
Seperti Ini Cara Cepat Menghilangkan Memar

Bingung mengapa kulit Anda mudah sekali memar? Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya memar pada kulit Anda dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa yang Membuat Kulit Anda Memar?

Kapiler merupakan pembuluh darah yang sangat kecil, yang berfungsi untuk mengantarkan berbagai nutrisi di dalam darah ke jaringan di sekitarnya. Berbagai perubahan pada pembuluh darah kapiler ini dapat menyebabkan terbentuknya memar. Karena pembuluh darah kapiler hanya dilindungi oleh kolagen dan kulit, maka berbagai hal yang menyebabkan kulit menipis atau jaringan kolagen berkurang atau dinding pembuluh darah kapiler melemah (dan akhirnya pecah), akan meningkatkan resiko terbentuknya memar.

Beberapa bagian tubuh, misalnya tulang kering, memiliki bantalan kulit yang lebih sedikit, yang akan membuatnya lebih mudah mengalami memar.

Hal lainnya yang juga dapat membuat seseorang lebih mudah mengalami memar adalah kekurangan vitamin. Dua jenis vitamin yang Anda butuhkan untuk mencegah terjadinya memar adalah vitamin C dan vitamin K. kekurangan kedua vitamin tersebut akan membuat proses pembekuan darah Anda menjadi abnormal.

Selain itu, sejumlah orang memang lebih mudah mengalami memar, misalnya karena orang tersebut memiliki kulit yang pucat. Hal ini akan membuat pembuluh darah di bawah kulit tampak lebih jelas, yang walaupun tidak menyebabkan orang tersebut lebih mudah memar, tetapi akan membuat memar lebih mudah terlihat.



Baca juga: 7 Penyebab Mengapa Anda Mudah Memar

Bagaimana Cara Mempercepat Penyembuhan Memar?

Jika memar Anda mengalami perubahan warna, maka hal ini merupakan pertanda baik. Memar akan mengalami perubahan warna, mulai dari ungu kemerahan kemudian berubah menjadi kuning kehijauan lalu cokelat keemasan dan akhirnya menghilang. Akan tetapi, hal ini akan berlangsung cukup lama. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan memar ini. Sekarang ini, telah tersedia beberapa jenis salep yang berisi obat pengencer darah yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan memar.

Bila Anda menderita kekurangan vitamin, maka mengkonsumsi cukup vitamin C dan K, baik melalui makanan atau suplemen juga dapat membantu mencegah terbentuknya memar berulang.

Walaupun terdengar cukup aneh, tampaknya mengkonsumsi banyak buah nanas juga dapat membantu mempercepat penyembuhan memar. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung sejenis enzim yang dikenal dengan nama bromelain, yang diketahui dapat membantu mengurangi bengkak.

Selain itu, kompres dingin pada memar dalam waktu 24 jam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

Sumber: womenshealthmag

 

Nov 02  -  3 min read