Your browser does not support JavaScript!
Sedang Hamil Tapi Ingin Puasa? Boleh Saja Asal Anda Ikuti 5 Tips Ini
Sedang Hamil Tapi Ingin Puasa? Boleh Saja Asal Anda Ikuti 5 Tips Ini

Tidak terasa para umat Muslim akan menyambut kembali bulan Ramadhan yang begitu dinantikan. Untuk menjalankan ibadah puasa tentu harus dipersiapkan dengan baik, mulai dari kesehatan mental dan fisik.

Semua umat Muslim pasti ingin menjalankan ibadah puasa dari awal sampai akhir, termasuk Anda. Tapi pada tahun ini Anda sedang mendapat karunia yang luar biasa yaitu sedang hamil. Apakah Anda yang sedang hamil masih bisa puasa atau tidak?

Jawabannya adalah boleh saja, asal Anda mengikuti 5 tips dibawah ini:

1.      Konsultasikan dahulu dengan dokter Anda

Yang paling pertama harus Anda lakukan adalah memeriksakan diri ke dokter dan melakukan konsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa tubuh Anda dan memberi saran yang terbaik apakah Anda boleh puasa atau tidak. Karena dokter lebih tahu kondisi tubuh dan kehamilan Anda.

Apabila kondisi kehamilan Anda agak rentan, mungkin dokter tidak akan menyarankan untuk puasa. Tapi bila kondisi tubuh dan kehamilan Anda kuat maka Anda boleh tetap menjalankan ibadah puasa.

Biasanya ibu hamil boleh berpuasa pada trimester 2 yaitu saat usia kandungan 16-28 minggu. Pada trimester awal biasanya ibu hamil akan mengalami "morning sickness" agak sulit untuk melakukan ibadah puasa karena akan mual dan muntah, selain itu trimester pertama adalah masa keemasan dimana terjadi pembentukan organ tubuh yang paling penting, sehingga sangat membutuhkan nutrisi.  Pada trimester ke 3 biasanya sudah mendekati masa persalinan sehingga seorang ibu hamil juga membutuhkan nutrisi yang tepat.

2.      Minum vitamin

Saat hamil dokter spesialis kandungan akan memberikan vitamin. Vitamin ini penting untuk perkembangan janin Anda. Sehingga meski puasa jangan sampai Anda lupa untuk meminum vitamin dari dokter. Apabila dokter memberikan resep vitamin hanya 1x1 minumlah saat sahur. Bila 2x1 maka minum saat sahur dan berbuka.

3.      Makan makanan yang bergizi

Makanan yang Anda makan adalah hal yang sangat penting untuk janin Anda dan kesehatan tubuh Anda. Terlebih Anda akan berpuasa, sehingga perhatikan dengan baik asupan makanan Anda.

Pastikan menu yang Anda makan mengandung gizi dan mineral yang cukup 50% karbohidrat, 25% lemak baik, dan 10-15% protein dan mineral. Jangan hanya sekedar banyak, tapi memiliki nilai gizi yang berarti. Selain itu jangan lupa untuk minum air putih yang banyak, karena ibu hamil lebih mudah untuk mengalami dehidrasi.

4.      Istirahat yang cukup

Seorang ibu hamil biasanya akan lebih mudah untuk mengalami kelelahan. Maka pada saat ini, Anda sangat membutuhkan istirahat yang cukup. Pastikan Anda meminta bantuan kepada suami agar Anda dapat beristirahat dengan baik.

5.      Jangan terlalu memaksakan

Anda pasti ingin menjalankan ibadah puasa sampai selesai, tapi bila saat menjalankan ibadah puasa kemudian Anda mengalami pusing, susah bernapas, pandangan kabur dan merasakan gerakan janin yang melemah. Maka Anda bisa membatalkan puasa Anda karena ibu hamil biasanya akan mendapatkan keringanan. Pada saat ini segera minum air gula dan makan secara perlahan.

Nah untuk Anda para ibu hamil, tetap bisakan menjalankan ibadah puasa. Asal kondisi tubuh Anda baik dan Anda merasa mampu, semoga ulasan diatas bermanfaat.  Selamat menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: Puasa Aman Bagi Anda Yang Punya Penyakit Kencing Manis

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: medindia

Sidik Suprayogi
Jun 12  -  3 min read