Your browser does not support JavaScript!
Rubah Hobi Yang Awalnya Buang Uang Jadi Bisnis Pencetak Uang? Bisa Aja, Asal Anda Ikuti Cara Ini
Rubah Hobi Yang Awalnya Buang Uang Jadi Bisnis Pencetak Uang? Bisa Aja, Asal Anda Ikuti Cara Ini

Mereka selalu mengatakan agar Anda melakukan apa yang Anda sukai dan sukai apa yang Anda lakukan. Namun tidak semua orang memilih pekerjaan utama mereka sesuai dengan apa yang mereka sukai. Sehingga membuat mereka memilih menjalani saja namun tidak merasa nyaman. Untuk menghilangkan rasa nyaman tersebut, akhirnya mencoba untuk menjalankan hobi dan membuang-buang uang.

Padahal asal Anda tahu Anda juga bisa menghasilkan uang dari sesuatu yang Anda sukai alias hobi Anda. Dari yang tadinya mungkin Anda membuang banyak uang demi memuaskan hobi sekarang saatnya Anda merubah hobi menjadi pekerjaan utama Anda yang bisa menghasilkan uang. Bingung caranya?

Nah berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar hobi menjadi pencetak uang bagi Anda:

1.      Seriusi hobi Anda

Ini merupakan awal dari cara bagaimana mencetak uang dari hobi. Yaitu Anda harus menseriusi hobi Anda. Karena bila hanya setengah hati, maka hobi tersebut akan sulit untuk dijual.

Apabila Anda hobi melukis, maka Anda bisa memulai kelas melukis pelajari dari melukis sederhana sampai expert. Anda juga bisa mencoba berbagai kelas seperti kelas memasak, kelas fotografi, kelas piano, kelas karate, kelas bahasa dan lain-lain.

2.      Memberi kursus privat

Selain menjalani hobi, Anda juga bisa menjual kemampuan Anda. Seperti bila Anda memang sudah mahir dalam satu bidang misal memasak. Maka Anda bisa menjual kemampuan Anda dalam memasak. Dari awal Anda memberikan kursus privat ke mereka, bila mereka sudah lebih mahir maka Anda bisa mengajak mereka untuk berbisnis bersama untuk mengembangkan usaha bisnis Anda ini.

3.      Kembangkan terus kemampuan Anda

Jangan pernah berhenti untuk mengasah kemampuan Anda, semakin Anda mahir maka nilai jual Anda akan semakin meningkat. Selain itu selalu berinovasi, seperti misalnya Anda memiliki hobi fotografi, yang awalnya Anda hanya berfokus pada foto pemandangan, mulai mencoba dunia baru seperti fotografer untuk prewedding, pernikahan dan momen penting yang selalu membutuhkan fotografer. Selain itu bisa juga membuat t-shirt dari foto-foto yang Anda ambil. Pikirkan selalu ide-ide baru yang dapat Anda lakukan.

4.      Jangan lupa menggunakan media sosial

Mulai menggunakan media sosial untuk membuat orang banyak melihat karya Anda. Buat halaman di Facebook, dengan nama bisnis Anda, untuk menarik perhatian. Jadilah aktif di blog dan di channel lain.

Semakin banyak orang yang melihat karya Anda maka kesempatan Anda untuk berjualan akan lebih besar.

5.      Menjadikan orang terdekat sebagai konsumen pertama

Bagaimana cara paling mudah untuk mempromosikan bisnis Anda? Ya dari orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman-teman Anda. Biarkan mereka merasakan dahulu kemampuan Anda. Karena mereka adalah orang-orang terdekat Anda, apabila hasil karya Anda memuaskan maka mereka tidak akan segan-segan mempromosikan karya Anda. Namun bila masih belum memuaskan maka mereka juga tidak akan segan memberi pernyataan yang jujur. Hal ini bisa menjadi feedback untuk Anda agar lebih baik lagi.

Saat Anda memang berniat untuk menjadikan hobi menjadi bisnis tetap Anda, maka Anda harus bersikap realistis dalam rencana Anda. Meski ini adalah hobi Anda, bukan berarti jalan yang Anda tempuh akan mudah, tentu saja ada berbagai masalah yang dapat Anda temui. Yang pasti adalah buat rencana yang baik, dan mulai bekerja keras menuju impian Anda.

Baca juga: 6 Hobi Yang Membuat Pintar

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: healthline

Sidik Suprayogi
Apr 13  -  4 min read